Ide Bisnis, Mompreneur

Bisnis Bunga Plastik Untuk Hiasan Rumah

bunga plastikRumah akan terlihat lebih indah jika perabotannya ditata dengan rapi. Untuk mempercantiknya lagi, hiasan rumah sangat diperlukan sebagai pelengkap dalam setiap sudut rumah dan halaman rumah. Bunga, bunga adalah hiasan yang sejak dulu telah mewarnai kehidupan banyak orang. Bunga biasa digunakan untuk menghiasai rumah ataupun kantor karena fungsinya sebagai penambah keindahan dan penyegar udara.

Saat ini dengan berkembangnya jaman banyak orang lebih berminat dengan bunga tiruan untuk menghias rumahnya. Kreatifitas seseorang sudah semakin berkembang dan semakin canggih, sehingga bunga buatan pun terlihat seperti bunga sungguhan. Bunga buatan terlihat lebih menarik dan bisa tahan lama sehingga tidak perlu repot untuk sering menggantinya. Bunga mampu memberikan keindahan dekorasi untuk ruangan. Bisa diletakkan dimeja kerja, ruang tamu ataupun disudut kamar atau ruangan.

Besarnya minat dari para pecinta bunga, maka hal ini mampu memberikan ide bagi para pelaku bisnis untuk menciptakan bisnis bunga buatan atau palsu yang terbuat dari plastik. Ide bisnis ini muncul pada saat konsumen mengeluh tentang mahalnya membeli bunga asli yang hanya bertahan untuk beberapa hari saja. Sejak itulah mulai muncul para penjual bunga yang menjual bunga plastik ciptaannya. Bahan yang sering digunakan untuk membuat bunga palsu ini adalah plastik, pita, sedotan hingga kertas.

Bunga buatan tidak perlu sering diganti. Apabila sudah mulai kotor bunga plastik bisa dibersihkan dengan cara direndam dengan deterjen sehingga warna akan kembali carah seperti sedia kala. Bunga plastik juga dapat dirangkai seperti halnya bunga asli. Dengan merangkai bunga plastik sedemikian rupa dan diberi pot atau vas bunga maka akan memberikan nilai jual yang lebih mahal dibanding dengan bunga plastik yang dijual eceran.

Bisnis bunga plastik untuk hiasan rumah bisa dijadikan salah satu ide bisnis untuk para ibu rumah tangga yang ingin mencari kesibukan dan tambahan penghasilan. Peluang untuk sukses dengan bisnis rumahan ini pun sangat menjanjikan. Berikut adalah salah satu contoh cara membuat bunga plastik yang sederhana dengan bahan dasar sedotan plastik.

Bahan membuat bunga plastik

  1. Sedotan
  2. Lidi atau kawat yang agak besar
  3. Kertas krep atau kertas pita
  4. Bekas botol plastik

Alat membuat bunga plastik

  1. Cutter
  2. Gunting
  3. Lem

Cara membuat bunga plastik

  1. Potong sedotan dengan panjang masing-masing 10 cm
  2. Kemudian ujung sedotan dibelah menjadi empat dan besut sedotan yang sudah dibelah agar terlihat lemas dan mekar.
  3. Lalu gunting tiap ujung sedotan berbentuk lancip mirip dengan bentuk kelopak bunga
  4. Beberapa sedotan yang telah dibentuk tersebut kemudian digabungkan hingga membentuk bunga yang sedang mekar
  5. Bunga yang sudah jadi kemudian diikatkan pada kawat atau lidi yang sudah dibalut dengan pita.
  6. Untuk daun bisa dibuat dari potongan kertas pita dan setelah satu tangkai bunga sudah jadi, lanjutkan membuat tangkai-tangkai berikutnya
  7. Yang terakhir, tinggal merangkai bunga kedalam vas atau pot yang telah diisi spoon atau busa.
Sumber gambar : http://mommycreativity.files.wordpress.com/2012/04/dsc06695.jpg