anthuriumAnda penggemar tanaman hias, tentu nama Anthurium tidak asing lagi. Anthurium adalah tanaman hias  tropis, memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan, karena bentuk daun dan bunganya yang indah. Anthurium yang berdaun indah adalah asli Indonesia, sedangkan yang untuk bunga potong berasal dari Eropa.

Nah,kalau Anda mau tahu, ternyata harga jual tanaman unik ini sangat mahal. Bayangkan, satu tanaman saja, bisa mencapai 7-8 juta rupiah. Rupanya, keindahan daunnya inilah yang memiliki daya tarik tersendiri di kalangan penggemar agrobisnis.

Bagi Anda yang gemar bercocok tanam, kenapa tidak memanfaatkan potensi ini sebagai homesbisnis Anda?

Konsumen tanaman ini biasanya konsumen kelas menengah ke atas. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalangan menengah pun hoby mengoleksi tanaman ini.

Untuk bibit jenmanii, harga bibitnya (tinggi sekitar 2 cm-20 cm) sekitar 100ribu-600 ribu. Tergantung jumlah daun di setiap tanamannya. Untuk bibit black beauty, bibit remajanya sekitar 750-900 ribu. Sedangkan bibit anthurium jati bibit kecilnya cukup murah, hanya 60-70 ribu, sedangkan harga jual paling besar sekitar 2 juta.

Perbanyakan tanaman ini bisa dengan biji atau stek. Untuk media tumbuhnya, bisa menggunakan tanah dengan pH 5-6, atau bisa juga dengan media pakis, sekam baker, dan coco peat (serbuk kelapa). Suhu optimum antara 18-28 derajat Celsius, dan mimimum 15 derajat Celcius.

Jika modal awal Anda sekitar 10-12 juta perbulannya, ini sudah termasuk bibit tanaman, pupuk, listrik & telepon, transportasi, dan lain-lain. Omzet perbulan bisa mencapai sekitar 15 juta. Itu artinya, laba Anda perbulan bisa mencapai 4,5 juta.

Bagaimana? Anda tertarik dengan bisnis ini?

Diolah dari berbagai sumber.