uang belanjaTiap kali berbelanja ke supermarket, atau sekedar berjalan-jalan, pasti selalu saja ada “pengeluaran” mendadak yang sering kali bukanlah hal yang benar-benar diperlukan. Pegang erat dompet Anda! Mengapa?

Lihatlah di sekeliling Anda saat Anda berbelanja. Barang-barang dagangan yang dijajakan penjualnya saling berebut meminta perhatian Anda, bukan? Dan para pedagang tersebut sangat gigih “memperebutkan” uang Anda.

Tentu, kita tidak akan menyalahkan para pedagang. Ini sudah merupakan sunnatullah. Yang harus kita salahkan adalah manakala kita tidak bisa bersikap bijak dalam mengeluarkan uang.

Pilihlah barang yang benar-benar Anda butuhkan. Seringkali saat berbelanja, kita melalaikan prioritas ini. Melihat barang bagus sedikit, kita langsung menyambarnya. Melihat diskon murah sedikit, kita langsung membuka dompet dan membayarnya. Padahal sebetulnya barang tersebut belum betul-betul dibutuhkan.

Jangan menuruti setiap keinginan yang tidak penting. Ini kuncinya. Jika setiap kali Anda selalu memperturutkan keinginan ini dan itu, maka Anda hanya akan semakin menambah panjang daftar bon Anda. Bersabarlah, dan utamakan prioritas Anda.

Miliki buku kas. Agak ribet memang. Tapi, ini penting bagi Anda untuk melihat seberapa besar rata-rata pemasukan dan pengeluaran Anda dalam 1 bulannya. Dari sini Anda akan belajar bagaimana memenej keuangan Anda dengan lebih bijak.