Kecantikan

Betimung, Mandi Uap Murah Meriah Ala Kalimantan (grosir/eceran)

timunganSetiap daerah memiliki cara alami dan ramuan sendiri yang sangat murah meriah dan tak kalah penting sangat berkhasiat dalam merawat kesehatan dan kecantikan. Hal yang membuat setiap daerah sama adalah semuanya menggunakan rempah-rempah dan bahan-bahan ramuan dari alam.

Begitu juga halnya dengan kalimantan memiliki cara untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan, salah satu diantaranya dikenal dengan istilah betimung. Betimung ini sama dengan spa atau mandi uap yang sering ditawarkan oleh salon-salon terkenal dan bertarif mahal paling tidak mencapai ratusan ribu rupiah sekali spa belum lagi pijat dan lulurnya.

Betimung ini biasanya dilakukan oleh calon pengantin (yang hendak melangsungkan  pernikahan). Karena betimung  ini diyakini bahkan telah terbukti mampu mengjilangkan bau badan yang tak sedap, karena uap dari rempah-rempahnya mampu membunuh bakteri atau kuman-kuman penyebab bau badan, bahkan mengaharumkan badan sekaligus keringatnyapun wangi, menyegarkan, menghilangkan pegal-pegal, menyehatkan karena ia juga berfungsi mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh melaului kelenjar keringat, membuat kulit bersih, putih, bercahaya dan bersinar.

Belum lagi aroma rempah-rempah dan bunga-bunganya yangsangat wangi yang menyegarkan, benar-benar mebuat rileks, dan mengendurkan urat syaraf. aromanya jadi berfungsi sebagai aromatherapy yang benar-benar menyegarkan. barangkali inilah yang menambah keceriaan sang pengantin saat hari bahagia mereka.

Ditambah juga betimung ini juga berfungsi sebagai V-spa yang kini marak ditawarkan di salon-salon dengan harga yang mahal. Betimung ini mampu menghilangkan bau tak sedap pada organ intim, mengharumkan, menghilangkan keputihan, mengurangi lendir, bahkan bagi yang sudah melahirkan betimung ini mampu merapatkan organ intim, sekaligus  mengencangkan dan membangun kekenyalannya agar tak cepat kendur.

Bahan Betimung :

  • Bedak atau wadak, yang sering disebut mangir wangi. Terbuat dari beras kencur ditambah dengan bahan alami lainnya yang mengandung wangi-wangian.
  • Bahan-bahan tambahan tersebut direbus sehingga uap itulah yang akan memberikan bau harum. Bahan tambahan antara lain, daun pudak/pandan wangi, tamu giring, limau purut, kulit bawang merah, babakan pula santan, kayu manis, menyan, daun sop, pucuk ganti, mang soe sebangsa akar, bunga akar. Semua bahan tersebut dibuat dalam ramuan kecil-kecil kemudian dimasukkan kedalam panci lalu direbus sampai mendidih, tutupnya dijaga agar jangan terbuka sehingga uapnya keluar sebelum diperlukan.

Proses batimung:

  • Sebelum betimung, tubuh orang yang akan ditimung dibalur dengan wadak sampai bersih dan harum sehingga segala kotoran yang melekat di tubuhnya hilang. sisa-sisa bedak ini dibiarkan mengering dan menempel ditubuh
  • Setelah selesai diwadak, calon pengantin disuruh duduk di atas sebuah bangku yang rendah disebut dadampar, kemudian segala pakaian yang melekat disuruh tanggalkan diganti dengan selimut tebal beberapa lapis sampai ke leher. ada juga sampai seluruh tubuh tanpa terkecuali. tapi saya sarankan agar sampai leher saja, karena dikhawatirkan uap panas akan membuat rambut menjadi rontok.
  • Selesai diselimuti, barulah ramuan mendidih tadi diletakkan dibawah dadampar dan tutupnya dibuka sehingga uap harum bisa keluar dan menguapi tubuh orang yang betimung. jangan lupa untuk berhati-hati, karena kesenggol sedikit maka anda kan menyenggol benda panas yang baru diangkat dari perapian. Kalau sudah tersenggol bukannya kulit cantik dan mulus yang didapatkan, tetapi malah kulit melepuh hasilnya.
  • proses betimung ini bisa sampai setengah jam, sampai uapnya mulai berkurang, atau sudah mulai menghangat. pada saat ini biasanya tubuh akan sangat basah dipenuhi uap panas sekalius keringat yang terus mengucur. pada saat inipun masih dimanfaatkan untuk menggosok tubuh untuk menghilangkan kotoran yang masih melekat atau tersisa setelah proses wadak di atas. Sehingga kulit benar-benar bersih, segar dan bercahaya, terbebas dari kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Sirkulasi udarapun menjadi lancar.

Nah tunggu apalagi, mudah dan murah kan? dan yang penting sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Selamat Mencoba…

Bagi anda yang ingin memesan ramuan betimung anda bisa dapatkan di www.pondokibu.com silakan hubungi:
HP.0813 2887 3888
Fax.0274-4360789

Kami juga menyediakan aneka lulur, rempah mandi, ratus bakar, ratus rebus, dll baik dalam jumlah grosir maupun eceran.