Bersin-Bersin Pada Ibu Hamil Di Masa Kehamilan

ibu hamilTerdapat beberapa wanita yang sedang menjalani masa kehamilan sering mengeluhkan hidung tersumbat, sering bersin-bersin terutama pada saat bangun tidur. Gejala seperti ini sering membuat pernafasan ibu hamil menjadi  tidak lancar dan sering juga mengganggu waktu tidur dan istirahat. Bahkan beberapa kasus gejala ini dapat membuat ibu hamil menjadi sakit kepala dan juga sakit tenggorokan.

Bersin-bersin dan hidung tersumbat tersebut biasanya terjadi pada ibu hamil saat hamil muda atau trimester pertama, namun bisa juga terjadi selama masa kehamilan. Gejala tersebut terjadi karena tingkat hormon progesteron yang sedang meningkat drastis dan akan berkurang dengan sendirinya setelah beberapa minggu pasca persalinan. Lalu, apa saja penyebab bersin-bersin pada ibu hamil di masa kehamilan tersebut?

1. Gejala Alergi

Alergi dapat menyerang ibu hamil karena adanya debu tangau pada bantal maupun kasur. Terkadang banyak orang yang tidak sadar dan sudah merasa tempat tidur mereka bersih dari debu. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengganti seprei kasur dan juga sarung bantal dengan yang bersih secara rutin setiap minggunya.

Pada masa kehamilan, sistem imun beberapa ibu hamil akan menurun dan menjadi sangat sensitif sehingga pada saat ibu hamil menghirup oksigen yang bercampur dengan debu, hal itu akan mudah memicu produksi antibodi. Dengan demikian bisa menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, gatal, hidung mengeluarkan lendir atau ingusan dan lain sebagainya.

2. Gejala “Pregnany Rhinitis”

Tidak jarang kaum wanita yang mengeluh bersin-bersin dan hidung tersumbat saat masa kehamilan, namun semua itu bukan disebabkan karena penyakit flu maupun gejala alergi. Gejala tersebut biasa disebut dengan “Pregnany Rhinitis”. Gejala ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil terutama di awal masa kehamilan yaitu pada trimester pertama.

Hal tersebut terjadi karena pada masa kehamilan, hormon estrogen dapat meningkat dan merangsang terjadinya peradangan di membran jaringan selaput lendir pada hidung. Selain itu, gejala tersebut juga terjadi karena aliran darah pada ibu hamil juga dapat meningkat sehingga dapat memompa pembuluh darah yang mana akan mengakibatkan pembesaran pada lapisan membran hidung dan produksi lendir menjadi berlebih. Gejala “Pregnany Rhinitis” biasanya akan hilang setelah beberapa minggu ibu melahirkan.

3. Alergi Obat Tertentu

Ibu hamil cenderung lebih sensitif terhadap obat-obatan tertentu dikarenakan perubahan hormon pada tubuhnya. Alergi pada ibu hamil juga mungkin bisa terjadi akibat efek samping dari obat-obatan tertentu. Macam-macam gejalanya diantaranya adalah hidung gatal, hidung mengeluarkan lendir serta ibu hamil mengalami bersin-bersin.

Itulah beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya bersin-bersin pada ibu hamil di awal masa kehamilan. Semoga informasi tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi para ibu hamil.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://fs04.androidpit.info/a/3f/70/doa-bakal-ibu-3f7027-h900.jpg
Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....
Rp 70.000 Beli

1 Komentar

  1. Trus cara mengatasinya gimana ya?seharian ini saya bersin2 terus… mau minum obat takut…

Komentar