Berapa Lama Sperma Hidup Dalam Rahim


berapa lama sperma hidupSel sperma dihasilkan oleh buah zakar atau testis. Bila kualitas sperma baik, maka peluangnya untuk membuahi sel telur dan menghasilkan kehamilan akan semakin besar. Ketika seorang pria mengalami ejakulasi dan mengeluarkan sperma, berapa lama sperma ini bisa bertahan hidup?

Faktor yang mempengaruhi berapa lama sperma dapat hidup dalam rahim tergantung pada banyak variabel, baik dari komposisi metabolik (kualitas) sperma, lingkungan miss v (temperatur tubuh, level keasaman (ph), kehadiran lendir serviks/cm, kualitas lendir serviks, kemampuan sperma untuk berenang maju dari miss v  menuju saluran sel telur, dan kehadiran antibodi sperma dalam tubuh wanita. namun yang terpenting adalah dimana sperma itu berada. Pada permukaan yang kering seperti di baju atau sprei sel sperma akan langsung mati begitu cairan mani (semen) kering.

Sedangkan di air, seperti di kolam hangat atau bath tub, usia hidup sperma bisa lebih lama lagi karena mereka bisa bertahan di lingkungan yang hangat atau basah. Akan tetapi kemungkinan sel sperma ini berenang dan masuk ke saluran reproduksi wanita sangatlah kecil.

Sementara itu di dalam tubuh wanita, sperma bisa hidup antara 3-6 hari tergantung pada kondisi tertentu, seperti keasaman miss v . Karena itu meski hubungan seks tanpa kontrasepsi dilakukan bukan dalam masa subur, kemungkinan hamil tetap ada selama sel sperma masih hidup.

Sperma sangat kecil tidak terlihat oleh mata telanjang dan perjalanan dimulai dari tubuh pria, butuh beberapa bulan bagi sel sperma untuk terbentuk dan matang. Untuk meningkatkan kesehatan sperma dan perkembangannya yang normal, kecukupan nutrisi dan antioksidan adalah hal yang sangat vital.  Gaya hidup sehat, menghindari kebiasaan yang memperburuk kondisi sperma seperti merokok dan alcohol adalah penting untuk menciptakan sel-sel sperma yang kuat untuk dapat mengarungi perjalanan beratnya kelak.

Saat penetrasi dan pria mengalami puncak ejakulasi, sperma akan masuk ke dalam miss v wanita. Perjalanan berlanjut, sperma berenang melalui rahim dengan bantuan lendir serviks dalam rahim wanita, dan terus bergerak menuju saluran sel telur. Jika sprema tidak segera tiba disana dalam beberapa jam, sebagian besar akan berakhir mati.

Dalam perjalanan panjang tersebut, banyak sperma yang kehabisan energi atau berenang pada arah yang salah, atau pergi ke saluran sel telur yang kosong (yang tidak sedang mengandung telur matang, karena saluran sel telur wanita ada dua buah). Pada beberapa kasus, sperma bahkan dinetralkan oleh antibodi wanita atau oleh lendir serviks yang “hostile” (anti sperma).

Jika lendir serviks wanita ada dan baik, usia sperma akan lebih panjang. Lendir serviks adalah bagian penting dari proses kehamilan. Lendir serviks (CM/Cervical Mucus) melindungi sperma dari Acid (keasaman) miss v. Lingkungan Acid miss v dapat menghentikan pergerakan sperma. Lendir serviks yang diproduksi tubuh dapat melindungi sperma dari acid tersebut. Lendir serviks juga membantu sperma untuk berenang ke tuba fallopi dari rahim untuk mencapai telur. Lendir serviks yang baik juga dapat mendeteksi sperma yang abnormal dan mencegah mereka mendekati sel telur. FertileCM membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas lendir serviks yang baik untuk membantu sperma melaksanakan tugasnya.

Bila sperma beruntung, ia masuk ke saluran telur yang benar, pada saat yang tepat ketika wanita berada pada kondisi paling subur dan telur matang, dan pembuahan dapat terjadi. Namun bila belum ada telur yang matang, mereka harus menunggu sekitar waktu ovulasi, saat telur jatuh. Dalam beberapa kasus, sperma sehat dapat bertahan di rahim sekitar 3 hari. Bisa sampai 5 hari pada sperma yang sangat kuat dan sehat, namun jarang.

Dari jutaan sperma yang memulai perjalanan, hanya beberapa perenang yang lincah dan unggul saja yang dapat berhasil. Inilah mengapa waktu hubungan di saat yang tepat sangat penting untuk meningkatkan peluang anda untuk hamil. Pada waktu yang salah, sperma yang bertahan akan berenang-renang di tuba fallopi menunggu kehadiran telur matang. Jika telur hadir, satu sperma yang masih bertahan hidup dan cukup berenergi dapat mendekati telur dan menembus masuk untuk membuahinya.

Sumber gambar : http://www.omurokur.com/uploads/yumurta.jpg

64 Komentar

  1. Assalamualikum.
    Saya berhubungan sama istri saya 2 hri berturut2, malam saya tembak dalam siang nya saya tembak dalam..
    Tapi sama istri saya langsung di cuci ini bagaimana apakan istri saya bisa hamil dan bisa berikan keturunan buat saya.. atau tidak bisa hamil karna saya jarang di rumah dan jarang berhubungan.

    1. walaikumsalam,
      kalau di keluarkan di dalam sperma bisa kemungkinan besar hamil,yang di cucikan vagina arean luar pasti gak sampai dalam.sabar saja pak insyaallah kalau sudah waktunya Allah berikan keturunan gak perlu takut dicuci bila sudah waktunya pasti akan diberi keturunan sama Allah.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  2. Assalamualaikum kak..
    Maaf y sebelumnya saya mau namyak kk,kemarin saya haid tgl 18 selesai Tgl 25. Besoknya saya berhubungan dgn suami saya,seminggu dr itu mlm ini saya berhungan dgn suami saya, pertayaannya jika sperma di masukkan ke v saya sepermanya keluar sikit atau byknya apakah sperma di dalamnya telah berfungsi masuk kdlm vagina saya.dan apakah saya dikatakan bs hamill??

    1. walaikumsalam,
      sperma masuk kedalam miss v baik banyak atau sedikit bisa kemungkinan hamil, jadi tidak perlu khawatir tidak hamil asalkan dimasa subur insyaallah akan bisa membuahi sel telur dan bisa hamil.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  3. mo nanya..
    aku sm suami selalu berhbungan intim setiap seminggu sekali dan sperma nya di tumpahkan kedalam.. apakah kemungkinan akan hamil ?? dan akan ada pengaruh negatif atau apalah di sel telur nya apabila sudah terbentuk ?? terima kasih..

    1. selamat siang,
      lebih baiknya hub setiap 3 hari sekali bila ingin hamil,atau dilakukan saat masa subur biasanya masa subur wanita 1 minggu setelah haid tetapi tidak bisa dijadikan patokan karena setiap wanita masa subur berbeda-beda untuk mengetahui masa subur bisa baca artikel ini juga http://pondokibu.com/cara-mengetahui-masa-subur-wanita.html
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

  4. kak saya udah nikah 2 bulan ini saya menganjurkan pada suami saya agar memasukkan spermanya kedalam missV saya dan peetanyaannya kapan sperma berubah menjadi janin ??

    1. selamat siamg,
      untuk menjadi janin tergantung sel telur mba saat itu dalam masa subur atau tidak bila dalam masa subur bisa menjadi janin dan bisa hamil.biasanya masa subur setiap wanita beda-beda 3-1 minggu setelah ahid terakhir masa subur itu terjadi.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat terimakasih

    1. selamat siang,
      bila sudah menggunakan kb untuk kemungkinan hamil kecil tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa hamil kalau memang kehendak yang maha kuasa ibu diberikan keturunan kembali.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bisa membantu terimakasih

  5. saya mau tanya , saya melakukan hubungan semasa saya datang bulan ( period) . Adakah saya akan hamil ?

    1. selamat siang,
      sebetulnya melakukan hubungan saat datang bulan itu sangat lah berbahaya karena bisa mengakibatkan penyakit menular seksual, Infeksi bakteri dan penularan HIV atau hepatitis, jadi wanita tetap bisa mengalami kehamilan bila berhubungan intim ketika sedang menstruasi. Jadi lupakan saja cara ini, karena bukan merupakan metode pencegah kehamilan.
      semoga informasi ini dapat membantu terimakasih

    1. selamat siang,
      bila sperma sudah masuk kedalam rahim dan bisa kemungkinan besar terjadi pembuahan atau kehamilan dan tidak ada cara untuk mematikan sperma yang sudah masuk kedalam rahim.demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga dapat membantu terimakasih

  6. Met malam.
    Saya mau nanya. Kalau berhubungan seminggu setelah menstruasi, tidak ejakulasi di dalam miss v, dan menstruasinya tidak teratur seperti 2-3-4bulan sekali, apa bisa hamil? Tx

    1. selamat siang,

      untuk kemungkinan hamil pasti ada,walau haidnya tidak lancar, karena sperma sdh masuk ke dalam vagina. untuk memastikan hamil atau tidak, bisa gunakan tespack untuk pastinya.
      semoga informasi ini bisa membantu terimakasih

  7. Selamat malam.

    Mau tanya gmna kalo misalkn setelah brhubungan setelah sperma y di kluarin di dalm trus di cuci y miss v supaya tidak hamil tp agak sdikit tlat 2 jam dan langsung jongkok dan mnum sprit kira2 bkal hamil apa ga dok.

    1. selamat pagi mba ethye,

      bila sperma sudah masuk kedalam, kemungkinan besar hamil itu ada walau berbagai cara dilakukan mencegah kehamilan karena kita gak tau kondisi sperma atau pembuahan didalam berhasil atau tidak kecuali memang dipaksa keluar lewat jalan aborsi bila sudah terjadi kehamilan. Untuk memastikan lebih akuratnya saja dibulan berikutnya bila tidak terjadi menstruasi silahkan langsung di tespack saja.demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga membantu terimakasih

    1. pagi,
      bisa kemungkinan hamil,karena masa subur setiap wanita itu beda-beda ada yang 3 hari setelah haid dan jangka waktu masa subur hanya 2 hari saja,ada yang beda lagi,jadi intinya Apabila kehamilan dan keinginan punya anak sudah tidak bisa ditahan lagi, Anda harus sungguh-sungguh mendapatkan ilmu yang benar tentang mengapa wanita bisa hamil dan mengapa peran seorang suami tidak kalah besarnya untuk memperoleh kehamilan yang diidamkan
      semoga informasi ini bisa membantu terimakasih

  8. selamat siang. Saya mau tanya hampir setiap minggu saya bersetubuh sama pasangan saya hampir ada sehari 2x setiap pertemuan dan sperma si dya dikeluarkannya di dalam. Tpi dalam keadaan saya tdk head selama udh hampir mau 3bln saya tdk head tpi saya melakukan intim. Apakah bakalan hamil atau tidak. Tolong dijwb

    1. selamat siang mba intan,
      kalau sudah 3 bulan tidak haid apakah sdh di tespack?biasanya akan terjadi kehamilan bila tidak haid.lebih akuratnya mungkin lebih baik di tespack saja untuk memastikan hamil atau tidaknya terimakasih

  9. Selamat siang dokter saya mau tanya tgl 27 slsai haid.tgl 6 dn tgl 9 saya Ml sma suami saya 4 x sperma ny msuk kedlm dokter.dn stlh itu saya sudh 2 hari mual spnjang hari dn trsa logam di mlut dn bdan lmeh.ad apkah sma sya dokter mhon jwbn dn pnjlsanya

    1. selamat siang,
      untuk memastikan lebih akuratnya mungkin lebih baik di tespack saja apakah terjadi kehamilan atau tidak,bila tidak mungkin kondisi tubuh sedang tidak fit karena perubahan cuaca saat ini memang tidak bagus.
      demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bisa membantu terimakasih

  10. mb saya mau tanya,,saya melaku kan intim satiap hari selama tiga hari cz sepermax yang di masuukkan cuma dua hari dan satu harinya gg,apkah saya bissa hamil

    1. selamat siang mba imah,
      untuk bisa hamil atau tidak saat hubungan dalam masa subur atau tidak mba?masa subur bisa di hitung biasanya 1 minggu setelah haid selesai,semoga informasi ini bisa membantu terimakasih

  11. seperma masuk kerahim tapi keadaan haid baru selesai 1hr setelah haid seperma masuk apak bisa hamil

    1. sperma masuk tidak saat haid kemungkinan besar bisa hamil kecuali kondisi didalam rahim bermasalah ada kista,miom dan lain-lain..semoga informasi ini bisa membantu terimakasih

  12. mba, sy haid tgl 29 dan slasai tgl 5. lalu tgl 16 ini sy lkkn hbgn seks. spermanya hny msk dikit aja mbak, bnyk yg keluar mbak. Apa itu bs hamil ya mbak?

    1. selamat pagi mba maya,
      sperma sedikit atau banyak yang masuk kedalam bisa kemungkinan hamil karena tidak bisa di tentukan dari sedikit atau banyaknya sperma yang masuk,demikian informasi yang kami sampaikan semoga bisa membantu mba maya terimakasih

  13. Maaf sy mau tanya.. Ningkah tgl 3 agustus .. Bulan kmrn haid tgl 22 berakhir tgl 31.. Trnyata tgl 22 agustus telat haid.. Hsilnya + .. Itu bisa g ya . .. Ap itu normal / tidak.. Maaf sblmY… Dan trimakasih…

    1. untuk lebih pastinya di tes pack saja dulu mba..atau di tunggu telat 1 minggu nnt di tes pack,semoga saja hasilnya positif ya mba terimakasih

  14. Selamat sore
    sy mau tanya .apabila kita berhub 3 hari sebelum haid apakah sy bisa hamil ?
    terimakasih sebelumnya

    1. hubungan 3 hari setelah haid besar kemungkinan tidak bisa hamil,tetapi kita tidak bisa memastikan detailnya krn itu harus di cek juga perbulan rutin atau tidak untuk siklus haidnya karena masa ovulasi bisa di hitung dari siklus haid tadi dan saat hubungan sperma masuk didalam atau diluar,mungkin ini bisa membantu solusi anda terimakasih

  15. saya berhubungan intim 3 hari berturut2 seperma saya lepas di dalam rahim…ada kah potensi gak hamil

    1. ada kemungkinan kecil gak hamil dan apabila si wanita tidak masuk dalam masa subur

  16. Saya mau nanya, jika hari ini Saya mengeluarkan Seperma Saya, berapa hari lagi untuk menghasilkan seperma tebaik untuk membuahi sel telur?? Terimakasih

  17. Pagi ..
    Saya mau naya , bila saya melakukan seks tapi hanya cuma kepala penis ya doang yg masuk ke vegina perempuan terus keluar air mani cuma setetes, apakah akan terjadi kehamilan.?
    Tolong jawab .

    1. Selamat pagi. Proses Terjadinya kehamilan yaitu ketika seorang perempuan melakukan hubungan seksual dengan seorang laki-laki maka bisa jadi perempuan tersebut akan hamil. Kehamilan terjadi ketika sel sperma yang masuk ke dalam rahim seorang perempuan membuahi sel telur yang telah matang. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini, proses terjadinya kehamilan. Semoga bermanfaat.

  18. Sy mau nanya, pada pagi hari sy melakukan hubungan intim.. Tp pas malam, pasangan sy haid. Apakah bisa terjadi kehamilan atau tdk?

    1. Selamat pagi. Melakukan hubungan intim saat haid itu sangat dilarang, karena pada saat itu kondisi rahim dalam keadaan lemah sehingga penyakit dan bakteri sangat mudah menyerang rahim. Saat itu juga daya tahan rahim tidak berfungsi sehingga bakteri akan tumbuh subur dan akan beresiko pada kemandulan dan terjadinya infeksi. Selain itu juga dapat terjadi gelembung udara, jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat peredaran darah maka akan berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk mengetahui hamil atau tidaknya sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Terima kasih.

  19. Slmt pagi maaf saya mau tanya
    Saat berhubungan intim suami saya mnguarkan sperma di dalam tp saya KB suntik yang 3 bln itu
    Apa kmungkinan saya bisa hamil mski sperma cuma sedikit karna saya masih takut dan cemas karna saya punya baby kecil yg masih minum asi,,
    Tlng solusinya dan pnjelasannya

    1. Selamat pagi bunda.KB suntik 3 bulan mengandung Depo Provera yang merupakan suspensi cairan yang terdiri daro kristal-kristal mikro medroksiprogesteron asetat (DMPA) yaitu merupakan keturunan progesteron, dimana hormon tersebut memang sudah ada dalam tubuh wanita. Disuntikkan dengan dosis 150 mg setiap 3 bulan sekali. Disitulah cara kerja KB suntik 3 bulan, karena hormon tersebut mempunyai efek mengentalkan lendir rahim sehingga sel sperma akan terperangkap dan sulit untuk bergerak ke rahim. HOrmon tersebut juga dapat mencegah ovulasi dan membuat dinding rahim tidak bisa menerima hasil pembuahan. Jika bunda merasakan kecemasan yang sangat mengganggu, bunda bisa mengkonsultasikannya secara langsung pada dokter. terima kasih.

  20. saya mau tanya.
    jika melakukan hubungan seks 1thun sebelum hamil(1januari MLnya kmudian pd 1januari lge itu bru hamil)apakah kemungkinan hamil itu ada???

    1. Selamat pagi. Seorang wanita biasanya akan langsung hamil setelah melakukan hubungan intim dua atau tiga kali. Namun, semuanya itu tergantung pada kondisi pasangan suami istri yang berbeda-beda. Untuk hamil anak yang pertama, biasanya wanita membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan setelah melakukan hubungan intim. Tapi kembali lagi bahwa semua itu tergantung pada kondisi masing-masing individu. Untuk mengetahui kemungkinan hamil atau tidaknya, bunda bisa lakukan pemeriksaan ke dokter. Terima kasih.

  21. ass . Jika sperma masuk ke dlm mis v berkali” dilakukan pada saat mis v tdk subur , apakah bisa terjadi nya kehamilan bun ?

    1. Waalaikumsalam. Sperma yang masuk ke dalam miss v berkali-kali memiliki kemungkinan untuk menyebabkan kehamilan walaupun dalam kondisi miss v tidak subur, sperma yang dikeluarkan di dalam bisa saja mampu bertahan di dalam apabila mediasi atau cairan tersebut ada sehingga bisa terjadi pembuahan dan kehamilan. Namun untuk mengetahui hamil atau tidaknya, silahkan lakukan konsultasi dan pemeriksaan pada dokter. Terima kasih.

  22. sore bun…saya mo tanya pasangan saya dia pernah melap spermanya ke ms v saya dan 4 sesudah itu saya haid , tapi hri ke 2 sya haid itu cma sdkit. apa bisa hamil bun???

    tlong infonya…

    1. Selamat pagi. Kemungkinan sperma masuk dan menyebabkan kehamilan tetap ada walaupun tidak ada penetrasi, sperma yang dikeluarkan di luar vagina bisa saja ada yang nyasar masuk ke vagina apabila mediasi atau cairan untuk berenang dari vagina ke dalam rahim tersebut ada. Biasanya saat itu wanita sedang masa subur, maka bisa terjadi pembuahan dan kehamilan. Namun untuk mengetahui hamil atau tidaknya, silahkan lakukan konsultasi dan pemeriksaan pada dokter. Terima kasih.

  23. assalmualaikum ..
    mhon bantuan nya dong spya sya cepet hmil bgaimna sih cra nya dan hrus dengan cara apa ….mhon bntuan nya ya mksih

    1. Waalaikumsalam. Memiliki anak memang bukan hal yang mudah bagi setiap pasangan. Oleh sebab itu, jika ingin hamil sebaiknya program hamil yang bunda lakukan berada dalam pengawasan dokter sehingga program hamil yang bunda jalankan akan lebih terarah dengan baik. Lakukan pemeriksaan tentang masa kesuburan terlebih dahulu dan dukung juga dengan istirahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. Terima kasih.

  24. kalo berhubungan intim saat datang bulan. dan sperma tidak di keluarkan di dalam V .ap bisa hamil. yang di takutkan ad sperma masuk dan hidup di V selama menstruasi.
    gimana cara mencegahnya agar tdk hamil.
    trimakasih

    1. Selamat pagi. Secara agama, melakukan hubungan intim pada saat istri sedang haid itu di haramkan. Telah tertulis dalam surat Al-Baqarah : 222. Oleh sebab itu, melakukan hubungan intim saat haid itu sangat dilarang. Kenapa? karena pada saat itu kondisi rahim dalam keadaan lemah sehingga penyakit dan bakteri sangat mudah menyerang rahim. Saat itu juga daya tahan rahim tidak berfungsi sehingga bakteri akan tumbuh subur dan akan beresiko pada kemandulan dan terjadinya infeksi. Untuk lebih jelasnya silahkan baca bahaya melakukan hubungan intim saat haid.. Terima kasih.

    1. Selamat sore. Kemungkinan sperma masuk dan menyebabkan kehamilan tetap ada walaupun tidak ada penetrasi, sperma yang dikeluarkan di luar vagina bisa saja ada yang nyasar masuk ke vagina apabila mediasi atau cairan untuk berenang dari vagina ke dalam rahim tersebut ada. Biasanya saat itu wanita sedang masa subur, maka bisa terjadi pembuahan dan kehamilan. Terima kasih.

  25. Kalo hubungan dan sperma masuk 1 kali dua kali, apa bisa hamil?
    Sebelumnya melakukan tapi ga pernah d masukin k dalem.

    1. Selamat pagi. Saat berhubungan intim dan sperma berhasil masuk. Maka, kemungkinan terjadinya kehamilan pasti ada…karena ketika sperma berhasil masuk dan membuahi sel telur secara otomatis akan bisa berkembang menjadi janin. Terima kasih.

    1. Selamat pagi. Berhubungan intim sebelum menikah seharusnya dihindari karena yang akan dirugikan adalah pihak perempuan. Pada prinsipnya pil KB adalah mengendalikan hormonal secara rutin agar tidak terjadi kehamilan. Oleh karena itu pil kb harus diminum rutin setiap hari, sesuai urutan tanggal yang dianjurkan. Terima kasih.

    2. Selamat pagi bunda. Proses Terjadinya kehamilan. Ketika seorang perempuan melakukan hubungan seksual dengan seorang laki-laki maka bisa jadi perempuan tersebut akan hamil (Terjadinya kehamilan). Kehamilan terjadi ketika sel sperma yang masuk ke dalam rahim seorang perempuan membuahi sel telur yang telah matang. Untuk cara pembatalannya menurut kami tidak ada, apalagi jika proses kehamilan sudah berlangsung. Terima kasih.

  26. saya mau tanya setiap mau berhubungan suami saya tidak pernah bernafsu dan setiap berhubungan sperma selalu tumpah.trimakasih

    1. mungkin saja ada masalah di suami anda, coba anda ajak dia berbicara dan tanyakan apa alasannya sehingga dia kurang bergairah

Komentar