baby sleepPara ibu baru biasanya bertanya-tanya berapa jam normalnya bayi tertidur. Karena, mungkin mereka tak tahan melihat makhluk mungil nan menggemaskan itu menghabiskan waktunya hanya untuk tidur dan tidur saja. Hmmm…

Hal pertama yang harus Anda tahu adalah bahwa tidak semua bayi itu sama. Jangan terlalu khawatir jika bayi Anda banyak tidur. Ingat, ini adalah masa-masa awal baginya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

  • 1 bulan : 8 ½ jam tidur malam dan 7 jam tidur siang (total dari 3x tidur siang)
  • 3 bulan : 10 jam tidur malam dan 5 jam tidur siang (total dari 3x tidur siang)
  • 6 bulan : 11 jam tidur malam dan 3 ¼ jam tidur siang (total dari 2x tidur siang)
  • 9 bulan : 11 jam tidur malam dan 3 jam tidur siang (total dari 2x tidur siang)
  • 12 bulan : 11 ½ jam tidur malam dan 2 ½ jam tidur siang (total dari 2x tidur siang)

Namun, ini bukan patokan pasti bagi siklus tidur bayi Anda. Tidak jarang bahkan ada bayi yang justru tidak bisa tidur pada saat malam hari.

Apa sebabnya?

Pola tidur Anda selama hamil. Jangan remehkan hal seperti ini. Mengapa? Misalkan saja, semasa hamil, Anda begitu sulit tidur di malam hari. Entah karena Anda sibuk bekerja atau belajar, atau karena Anda memang tidak bisa tidur karena sakit. Efek sampingnya, ketika lahir, bayi Anda mengikuti pola ini. Nah, sebaiknya, usahakan Anda mengatur pola tidur yang baik ketika hamil, sehingga bayi Anda pun mengikuti pola ini setelah lahir.

Sakit. Bayi yang sakit umumnya rewel di malam hari. Entah karena mereka kegerahan, kehausan, masuk angin, atau sakit perut.