Belajar Tajwid-download

tajwidMembaca Al-Qur’an haruslah sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Salah sedikit saja, bisa merubah arti lho. Karena itu, kita harus mempelajari ilmu tajwid, agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hukum mempelajari ilmu tajwid itu sendiri fardhu kifayah, tapi membaca al-qur’an dengan benar fardhu ‘ain hukumnya.

Selama ini, yang saya tahu, tutorial belajar tajwid baru ada dalam format CD video-audio. Ternyata, iseng-iseng membuka web suami saya (ebsoft), ada juga program belajar tajwid dalam aplikasi flash (exe).

Ukurannya ringan, hanya 3,53 MB. Bisa dibuka di windows Me, XP, dan Vista dan bisa langsung dijalankan. Isi program ini cukup lengkap, meliputi makharijul huruf (tempat-tempat keluarnya huruf) dan sifat-sifat huruf, hukun nun sukun atau tanwin, hukum mim sukun, tanda-tanda waqaf, qalqalah, dan maad (bacaan panjang). Ada contoh-contoh bacaannya juga. Kekurangannya, belum ada tambahan-tambahan seperti bacaan-bacaan yang asing dalam al-qur’an (ayat-ayat gharibah); isymaam, imaalah, nun wiqayah, etc.

Untuk dapat mengunduhnya, silakan masuk ke halaman download. Terimakasih!

17 Komentar

  1. Sangat manfaat, banyak-banyak terima kasih kerana izin download….moga Allah limpah rezekimu

  2. Boleh saya minta lembar kerjanya untuk anak saya. Terima kasih sebelum dan sesudahnya.

  3. Ya, sekali-kali website-nya suami juga di lihat dan akan lebih baik jika dibantu ngurusi juga… :) kasihan kan dia..

    1. makanya, istrinya diajari IT juga, biar bisa nulis seputar IT. Kalo website suami tentang IT tapi nulisnya tentang resep masakan kan, ya itu namanya bertransfigurasi jd dapur, pak…^_^

Komentar