kue brownis

Belajar Membuat Brownies pada awalnya Suami dan anak-anakku senang sekali makan kue brownies, termasuk juga diriku. Hmmm emang lezat. tapi kalo setiap kali habis beli lagi…  beli lagi..jadi mikir-mikir juga budgetnya. padahal sekali beli paling lama 2 hari sudah habis. akhirnya suami terus mensupport untuk membuat sendiri dirumah, dengan keamanan yang lebih terjamin. akhirnya kuputuskan membuat sendiri brownies, snack favorit keluargaku..

Untuk mengantisipasi kegagalan ku coba membuat yang instant dulu, yaitu dengan menggunakan tepung pondan khusus untuk brownies. Kebetulan tepung pondan yang ada adalah brownies kukus. Tetapi suami mengnginkan yang panggang. Ya sudahlah tepung pondan yang ada tak pakai saja untuk membuat brownies panggang.

Tinggal mengikuti petunjuk yang ada di kemasan tepung pondan tersebut. terus untuk waktu mixingnya disesuakan aja dengan feeling kira-kira mungkin perlu waktu yang lebih lama dari petunjuknya, karena melihat kenampakan pengembangan yang rasa-rasanya belum pas. begitu pula jumlah takaran ada yang di tambah-tambah sendiri.

Bahan-Bahan :

  • 5 Butir telur
  • Coklat batang (dark coklat) 100g
  • Margarin 100g
  • Butter 50 g
  • Tepung pondan brownies kukus.

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama Panaskan oven sampai 160 derajat celcius. sambil memanaskan kita membuat adonan browniesnya. jadi begitu adonan selesai oven sudah siap untuk dipakai.
  2. Campurkan butter, coklat batang, margarin jadi satu kemudian lumerkan diatas api atau bisa juga d tim (di masak didalam wadah air mendidih. Sisihkan dan dinginkan
  3. Kocok telur dengan kecepatan tinggi (max) sampai mengembang kira-kira 6 – 7 menit (saya memakai mixer philips)
  4. Campurkan tepung pondan brownies kukus.mixing juga dengan kecepatan tinggi sampai semua tepung tercampur rata dan mengental.
  5. Masukkan campuran coklat, butter, dan margarin yang telah dingin ke dalam adonan dan aduk dengan sendok kue sampai merata.
  6. Tuang kedalam loyang yang sudah dolesi mentega dan ditaburi tepung diatas lapisan menteganya agar kue yang sudah matang mudah di keluarkan dari loyangnya
  7. Panggang kue sampai matang. tusuk dengan lidi, jika sudah tidak ada kue yag lengket di lidi, maka kue suda matang. Pengalamanku memanggang kue dengan oven biasa merek Hock lamanya kira-kira 1 jam-an lebih.

Pengalaman pertamaku ini membuatku harap-harap cemas.  Sejak awal pembuatannya tak lupa saya berdoa dan juga meminta suami untuk berdoa. karena sudah terlalu sering membuat cake yang akhirnya jadi melempem-bantat, kayak orangnya yang gampang melempem Tongue out… suamiku menggoda “kalau ga jadi kembalikan semua barangnya ke toko”. “Ya sudah deh ga usah buat aja kalo begitu” kataku membalas godaannya.

Tapi akhirnya …Browniesnya jadi juga mom.. yang membuatku kaget adalah kuenya tinggi banget sampai melebihi bibir loyang. Padahal waktu memasukkannya ke dalam oven tingginya hanya setengah loyang. kenapa jadi mengembang 2 kali lipat. Ah ga tau deh yang penting brownies perdanaku sudah jadi dan sukses, dan yang penting lumayan lezaat bo…pasti akan ada brownies-brwnies lagi di waktu-waktu berikutnya.  dan yang penting membuatnyapun gampang…

Barangkali ada yang tertarik mengikuti jejakku yang senang dengan yang praktis dan instan??? ………..

Selamat Mencoba…

sumber gambar :http://rumahkeluarga-indonesia.com/wp-content/uploads/2013/04/brownies-kukus.jpg