images_016Anda mungkin akan takjub ketika mengetahui manfaat membaca bagi bayi anda. Sudah jelas bahwa bayi tidaklah mengerti apa yang anda lakukan dan alasannya. Tetapi, bukankah anda tidak akan menunggu sampai bayi anda dapat mengerti apa yang anda ucapkan sebelum anda memulai berbicara dengannya?

Membaca dengan keras di dekat bayi anda merupakan kegiatan yang menakjubkan yang dapat anda lanjutkan untuk waktu yang akan datang – dan hal ini merupakan rangsangan yang penting.

Manfaat membaca dengan keras di antaranya:

  • mengajari bayi tentang komunikasi
  • mengenalkan konsep seperti angka, huruf-huruf, warna-warna dan bentuk-bentuk dengan jalan yang menyenangkan
  • membangun pendengaran, memori dan ketrampilan kosa kata
  • memberi informasi kepada bayi tentang dunia di sekitar mereka

Percaya atau tidak, pada tahun pertama mereka bayi akan mempelajari semua suara-suara yang dibutuhkan oleh mereka untuk berbicara dengan bahasa ibu mereka. Semakin banyak cerita yang anda bacakan. Semakin banyak pula kata-kata yang mereka akan kuasai dan mereka akan lebih mudah untuk berbicara kelak. Mendengar kata-kata akan membantu menanamkannya pada otak bayi. Anak-anak yang orang tuanya memiliki frekuensi lebih banyak dalam membacakan atau berbicara dengan mereka pada bayi mempunyai pengetahuan lebih banyak tentang kata-kata dalam usia 2 tahun dibandingkan dengan anak-anak yang orang tuanya tidak demikian. Dan saat yang tepat untuk belajar membaca adalah saat-saat awal itu.

Ketika membaca, bayi anda mendengar anda menggunakan berbagai emosi dan ekspresi suara yang berbeda, yang hal ini akan membantu perkembangan social dan emosional mereka. Membaca juga menawarkan kepada bayi anda untuk melihat, konsentrasi, menyentuh dan Tanya jawab – semuanya membantu perkembangan sosial dan ketrampilan berpikir. Bayi andapun mengembangkan ketrampilan bahasa mereka dengan meniru suara-suara, pengenalan gambar-gambar dan mempelajari kata-kata.
Tetapi bisa jadi alasan yang paling penting untuk membaca keras di dekat bayi anda adalah membuat hubungan antara sesuatu yang disukainya (yaitu suara anda dan dekat denganmu) dan buku. Luangkanlah waktu untuk membacakan kepada bayi anda karena membaca adalah ketrampilan yang sangat berharga.

Bayi anda mungkin tidak mengetahui apa arti gambar yang ada di buku, tetapi mereka dapat focus kepadanya, terutama wajah, warna yang cerah dan pola yang kontras.

Antara 4 sampai 6 bulan, bayi anda mulai melihat lebih banyak sesuatu yang menarik di buku-buku. Dia akan mengambil dan memegang buku, kemudian mendekatkannya ke mulutnya dan ingin mengunyahnya. Oleh karena itu pilihlah buku yang bersampul tebal dengan warna-warna yang cerah.

Antara 6 sampai 12 bulan, anak anda akan mulai mengerti gambar-gambar yang melambangkan benda-benda. Bayi anda akan tertarik ketika anda membaca, mengambil buku dan bersuara, dan ketika berumur 12 bulan dia akan membuka-buka halaman buku (dengan beberapa bantuan darimu), mulailah menunjuk benda di halaman-halaman buku dan ulangilah suaramu.

Kapan dan bagaimana cara membaca untuk bayi anda?

Membacakan dengan keras di dekat bayi anda adalah ide yang bagus. Ini tidak membutuhkan ketrampilan atau peralatan khusus, cukup anda, bayi anda dan beberapa buku saja yang diperlukan. Bacalah dengan keras selama beberapa menit pada satu waktu, tetapi lakukan hal ini dengan sering. Jangan khawatir tentang menyelesaikan buku-buku tersebut –fokuslah pada halaman-halaman yang anda dan bayi anda merasa senang.

Cobalah pula membaca dengan suara lirih tiap hari –sebelum waktu tidur. Hal ini untuk memberi ketenangan kepada bayi sebelum dia tidur, dan andapun akan merasa nyaman.

Berikut adalah beberapa tips dalam membaca untuk anak anda:

  • Membaca dengan penuh ekspresi akan membantu bayi anda merasa nyaman, hangat dan berhubungan dengan anda
  • Bacalah dengan penuh ekspresi dengan suara keras atau rendah dengan menggunakan berbagai suara untuk berbagai karakter
  • Jangan khawatir tentang mengikuti teks secara tepat. Sesekali berhentilah dan berikan pertanyaan atau berilah komentar tentang gambar atau teks. (“Di manakah kucingnya? He itu dia! Seekor kucing kecil berwarna hitam”). Pada waktu itu mungkin bayi anda tidak merespon anda, tapi ini merupakan awal yang bagus untuk masa datang.
  • Suarakan suara binatang yang menyenangkan dan segala suara yang membuatnya tertarik

Bayi menyukai dan belajar dari pengulangan, maka jangan takut untuk membaca buku yang sama berulang-ulang.