Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

Bahan Kosmetik Yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil Dan Janin

kosmetik berbahayaMeskipun sedang menjalani masa kehamilan, setiap kaum wanita pastinya tetap ingin tampil cantik dan menarik. Namun, banyak dari ibu hamil yang tidak mengetahui bahkan tidak mau tahu akan bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik yang mereka gunakan. Ada beberapa bahan kimia berbahaya yang sering digunakan sebagai bahan kosmetik, dan tentu saja hal itu dapat membahayakan ibu hamil dan juga janin.

Tubuh ibu hamil melakukan pekerjaan dengan baik untuk melindungi dan menjaga kesehatan janin dengan menyaring kuman serta bakteri melalui plasenta. Akan tetapi ada bahan-bahan di beberapa produk kosmetik atau produk perawatan kulit yang bisa masuk ke janin yang sedang tumbuh dan berkembang di dalam kandungan.

Oleh sebab itulah, kini saatnya para ibu hamil memperhatikan produk kosmetik yang digunakan terutama pada saat menjalani masa kehamilan. Apakah terdapat bahan kimia berbahaya ataukah tidak. Berikut ini adalah beberapa bahan kimia yang biasa ditemukan dalam produk kosmetik atau perawatan kulit yang diduga dapat mengganggu perkembangan janin dan berbahaya bagi ibu hamil.

1. Hidroquinon

Bahan kimia ini merupakan bahan berbahaya yang tidak baik digunakan sebelum hamil maupun saat sedang menjalani masa kehamilan, karena bahan kimia ini bisa menyebabkan kanker dan mengganggu perkembangan janin. Hidroquinon biasanya terdapat pada produk pemutih dan obat penghilang bekas luka.

2. Asam salisilat (beta hidroxy acid)

Bahan kimia ini biasa ditemukan pada obat jerawat, anti penuaan dini, pembersih dan juga lotion. Penggunaan asam salisilat dengan dosis yang rendah masih aman untuk digunakan dan diperbolehkan, namun penggunaan dalam dosis yang tinggi dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin dan menyebabkan cacat janin.

3. Retinoid (vitamin A)

Retinoid banyak terdapat pada produk anti jerawat dan juga masker wajah. Bahan kimia ini dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin.

4. Dioksana

Dioksana adalah bahan kimia yang banyak terdapat pada produk kosmetik pelembab. Zat kimia ini tidak aman dan bisa membahayakan kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan.

5. Phthalates atau Ftalat

Bahan kimia yang satu ini merupakan pengharum kosmetik dan juga lotion. Bahan kimia ini biasa digunakan untuk proses pembuatan plastik, sehingga berbahaya jika digunakan sebagai bahan kimia untuk perawatan kulit dan wajah. Ciri produk kosmetik yang mengandung bahan phthalates adalah yang memiliki bau tajam. Bahan kimia ini harus dihindari oleh ibu hamil.

6. Merkuri

Bahan kimia merkuri biasa terdapat pada sebagian produk pemutih. Ciri kosmetik yang mengandung bahan berbahaya ini adalah efek yang akan segera didapat setelah pemakaian seperti kulit berwarna kemerahan jika berada dibawah sinar matahari dan juga terkadang menimbulkan iritasi pada awal pemakaian.

7. Assutane

Bahan kimia jenis ini banyak digunakan sebagai obat jerawat. Penggunaan Assutane pada saat hamil dapat membahayakan kehamilan dan bisa mengakibatkan keguguran.

8. Parabens

Bahan kimia ini sering digunakan untuk mengawetkan produk-produk perawatan kulit. Penggunaan bahan parabens pada saat hamil diduga bisa mengakibatkan gangguan sistem reproduksi bayi.

9. Benzoil Peroksida

Bahan kimia ini juga banyak terdapat pada produk kosmetik anti jerawat. Benzoil Peroksida juga tmerupakan bahan kimia kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan harus dihindari pada masa kehamilan.

Semoga dengan ibu hamil mengetahui beberapa bahan kosmetik yang berbahaya bagi ibu hamil tersebut menjadikan mereka lebih berhati-hati dalam memilih produk kosmetik. Kesehatan dan perkembangan janin adalah hal penting yang harus ibu hamil jaga. Semogha bermanfaat.

PENTING UNTUK ANDA :

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/-NAQfimC7CsE/UZtEBV5nZTI/AAAAAAAAAF8/beCLhs6r89M/s1600/48-daftar-kosmetik-berbahaya-temuan-bpom-cek-kosmetik-anda%5B1%5D.jpg

Produk Menarik untuk Anda:

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil, Nutrisi Kesehatan Ibu Hamil

Madu Ibu Hamil adalah Madu alami yang di campur dengan bahan-bahan herbal yang bermanfaat untuk ....