bahan alami pembersih komedoKelembaban udara, polusi dan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi keadaan kulit yang dapat merangsang kelenjar minyak lebih aktif. Jika tidak mendapat perawatan yang rutin, maka komedo pun bisa timbul. Untuk menghilangkan komedo tersebut, Anda tidak perlu menggunakan produk kosmetik dan perawatan yang mahal, karena Anda sudah bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah Anda temui di rumah. Bahan alami untuk menghilangkan komedo, antara lain:

Lidah buaya

Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke daerah berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit lebih segar tanpa komedo.

Lidah buaya mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Lidah buaya bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan kulit yang mengalami peradangan akibat komedo. Caranya dengan mengambil cairan mirip gel dari lidah buaya kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo, selanjutnya diamkan sekitar 10 sampai 15 menit. Kandungan lidah buaya inilah yg bisa mengangkat komedo serta menghaluskan dan menyegarkan kulit.

Putih telur

Putih telur bisa menghilangkan komedo caranya adalah kocoklah putih telur, lalu tambahkan 2 sendok makan madu segar. Setelah itu oleskan campuran putih telur dan madu tadi pada seluruh wajah. Biarkan kering selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Setelah itu bilaslah menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dipakai seminggu 2 kali.

Madu

Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam madu, termasuk bisa membersihkan dan menghilangkan komedo di wajah anda. Kandungan dalam madu akan mengencangkan pori-pori dan mengurangi komedo yang timbul. Baluri wajah anda dengan madu sekitar 10 menit setiap hari, setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Kunyit

Mungkin anda tidak menyukai bau bumbu masakan yang satu ini, namun kunyit ternyata sangat bermanfaat untuk melawan komedo. Anda bisa menggunakan bubuk kunyit yang dicampur dengan air sebagai masker wajah  atau bisa dicampurkan terlebih dahulu dengan jus mint untuk hasil yang maksimal.

Teh hijau

Manfaat teh hijau sangat baik untuk mengatasi komedo di wajah. Ambillah teh hijau yang berbentuk bubuk dan campurkan dengan air, lalu pakailah sebagai masker wajah di daerah komedo anda. lakukan secara teratur sampai komedo Anda hilang.

Air garam

masker dan lulur pegaganCaranya tambahkan satu sendok makan garam pada satu baskom air hangat kemudian cuci muka dengan campuran air garam tadi. Garam bermanfaat untuk membantu mengurangi minyak yang berlebih dan menghilangkan komedo.

Jeruk/Lemon

Gunakan perasan jeruk atau lemon, caranya usapkan air perasaan jeruk pada daerah komedo, biarkan hingga semalam. Asam dari lemon membantu mengurangi minyak di kulit.

Lobak

Haluskan lobak kemudian campur dengan air. Usapkan campuran tadi pada wajah yang berkomedo, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Untuk menghilangkan komedo Anda, selain dengan menggunakan bahan alami seperti yang sudah dijelaskan diatas, Anda juga bisa melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker wajah yang sudah siap pakai seperti masker dan lulur pegagan tazakka, masker dan lulur mahkota dewa, dan nano gold masker powder.

Sumber gambar : http://lapar.com/wp-content/uploads/2011/11/madu-dan-jeruk-nipis-300x226.jpg