images_014Pendidikan anak yang merupakan kewajiban orang tua merupakan suatu hal yang harus senantiasa dikembangkan kemampuannya. Permasalahan kemerosotan moral anak masa kini tidak boleh hanya dipandang dari sisi anak saja. Memang benar bahwa pelakunya adalah anak, tapi harus juga dilihat pada sisi orang tua, apakah orang tua telah memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anaknya ataukah belum. Maka tidak dapat dipungkiri senantiasa belajar dan belajar menjadi orang tua yang “pendidik” merupakan hal yang pasti. Berikut ini adalah beberapa kiat bagaimana cara mendidik anak yang disampaikan oleh Dr. Shalah Ar-Rasyid, pakar pendidikan di Timur Tengah.

1.    Tumbuhkan kepercayaan anak pada dirinya.

Di antara masalah penting dalam kehidupan manusia adalah menjadi orang yang percaya terhadap kemampuannya. Apabila seseorang tidak percaya pada dirinya sendiri maka dia dalam bahaya besar. Didiklah anak-anak anda untuk percaya diri dan biarkan sekali-kali dia melakukan suatu pekerjaan sendiri. Berilah keluasaan padanya untuk berbeda pendapat dengan anda, selama hal itu bukan suatu hal yang salah.

2.    Ajarilah mereka bagaimana cara untuk mengubah dirinya.

Ajarilah mereka bagaimana cara untuk mengubah dirinya, dan bagaimana mereka bergaul dengan perubahan. Sesungguhnya apa yang mereka dapatkan di pelajaran-pelajaran sehari-hari mayoritas tidak akan bermanfaat bagi mereka, karena ilmu-ilmu dan pengetahuan berubah dengan kontinyu. Mempelajari “bagaimana” yaitu mempelajari kehidupan.

3.    Berilah mereka kecintaan secara penuh.

Lihatlah kepada bapak dan ibu yang mereka berusaha dengan sungguh-sungguh agar kedudukan anak-anak mereka melebihi apa yang mereka dapatkan. Terimalah mereka apa adanya dan berilah mereka kesempatan untuk berubah.

4.    ajarilah mereka untuk bahagia.

Apabila anda merasa bahagia maka jadikanlah anak anda pun bahagia. Pergaulilah mereka sebagaimana orang yang bahagia, jadikanlah pertemuanmu dengannya terasa ringan semampu anda. Biarkanlah mereka mempelajari kebahagiaan dari asasnya dan menitinya melalui jalannya orang-orang yang bahagia dan sukses.

5.    Jauhilah sikap memaksakan kehendak.

Justru kedepankan kepadanya sikap bersahabat dan mencari solusi dari permasalahannya. Hindari pula menakut-nakuti, mencela dan juga tidak menghiraukannya.

6.   Berilah mereka tanggung jawab.

Hanyalah orang-orang yang mengemban tanggung jawab yang akan berhasil dalam kehidupan. Ajarilah anak-anak anda sedari kecil untuk memikul tanggung jawab dalam tugas-tugas dirinya, mulai dari mengganti baju, menjaga barang-barangnya dan lain-lain.

7.  Yang terakhir adalah berilah pengertian dan pengajaran kepadanya secara bertahap.

Anda dalam bergaul dan mendidik anak anda haruslah mengedepankan pengajaran secara bertahap. Sesungguhnya semua hal itu tidak berubah secara cepat tetapi semuanya dengan tahapan-tahapan. Jadilah anda orang yang pelan tapi pasti.

Diadaptasi dari Majalah “Al-Ayyam wa An-Nas”
Dr. Shalah Ar-Rasyid