Buku adalah jendela dunia. Hal ini menggambarkan pentingnya membaca untuk menambah wawasan kita. Untuk itu orangtua harus bisa  menumbuhkan minat baca anak demi menambah pengetahuan anak.

Menumbuhkan minat baca anak harus dilakukan dengan membiasakan anak membaca dan menjadikannya bagian dari rutinitas sehari-hari.  Misalnya saja sejak baru lahir anak sudah dibiasakan untuk dibacakan buku, kebiasaan itu akan membuat anak mempunyai kemampuan bahasa yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang minim komunikasinya juga membiasakan anak mengenal buku sejak dini.

Pilihlah waktu untuk melakukan kebiasaan membaca.  Pilih waktu-waktu yang disenangi anak seperti bangun tidur atau setelah mandi dengan durasi waktu sekitar 20-25 menit dan jika anak kehilangan konsentrasi, istirahat sejenak dan ulangi lagi beberapa saat setelahnya. Orangtua bisa mengajarkan keterampilan membaca seperti mengenalkan huruf, merangkai huruf menjadi kata, dan mengeja kata-kata jika anak belum lancar membaca.

Selain itu, Anak belajar dari apa yang dilakukan orangtuanya. Agar anak senang membaca orangtua harus memberikan contoh tersebut, yakni dengan membaca.  Hal itu bisa juga dengan orangtua meluangkan waktu untuk membacakan cerita setiap kali anak menjelang tidur sebagai pengantar tidur.

Kebiasaan orangtua membacakan buku kepada anak akan menjalin  kedekatan hubungan antara orangtua dan anak, manfaat-manfaat penting lain yang bisa diperoleh antara lain adalah tertanamnya nilai-nilai hidup pada anak, bertambahnya perbendaharaan kata, meningkatnya kemampuan imajinasi, berkembangnya kecerdasan linguistik.

Mengajak anak ke toko buku, perpustakaan untuk memilih buku yang disukainya akan membuat anak lebih antusias membaca. Biasanya anak-anak suka membaca buku dari cerita-cerita atau tokoh-tokoh film yang mereka kenal.  Kemudian biasakan anak menceritakan kembali apa yang didengar dan dibacanya.

Cara lain adalah dengan membiasakan anak membaca buku cerita yang disukainya secara konsisten selama beberapa hari. Usahakan bukunya yang tipis saja. Bila anak dapat membaca secara konsisten selama beberapa hari itu maka kebiasaan membaca akan timbul pada diri anak. Beri mereka hadiah buku baru jika mereka selesai membaca sebuah buku dan berhasil menceritakan kembali isi buku yang telah selesai mereka baca.