bagaimana merawat kaki sehat dan indahKaki merupakan bagian dari tubuh yang penting. Sepanjang hidup kita membutuhkan kaki untuk berjalan. Namun sering kita melupakan perawatan kaki sebagaimana kita melakukan perawatan terhadap bagian tubuh yang lain.

Tidak jarang anda mengalami masalah kaki diantaranya kaki pecah atau kaki kering. Agar masalah-masalah tersebut tidak Anda alami, perawatan kaki wajib dilakukan. Perawatan kaki tidaklah rumit dan dapat Anda lakukan secara mudah di rumah. Kaki yang sehat adalah kaki yang bersih, tidak kering, tidak pecah dan tidak bau. Merawat kaki sehat dan indah terdiri dari beberapa langkah seperti berikut:

Rendam

Siapkan baskom berisi air hangat yang ditambah cairan antiseptik atau garam mandi. Cairan antiseptik akan mencegah bakteri berkembang. Merendam kaki dengan air hangat dapat menjadi cara untuk relaksasi sekaligus untuk menjaga kaki tetap sehat.

Gosok

Dengan menggunakan sikat khusus, gosok kaki secara keseluruhan. Menyikat kaki bertujuan mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga kaki terlihat lebih cerah dan kaki dapat bernafas dengan leluasa.

Scrubbing

Melakukan scrub untuk kaki dapat dilakukan dengan menggunakan batu apung, buah lemon atau alat penggosok yang menyerupai batu apung. Ini akan membantu kaki terhindar dari kapalan.

Keringkan

Pengeringan kaki dilakukan dengan dengan cermat termasuk pada sela-sela kaki. Jangan biarkan kaki dalam keadaan lembab karena akan menjadi tempat favorit berkembangnya jamur.

Gunakan Krim

Anda bisa menggunakan beberapa krim agar kaki menjadi sehat. Agar terhindar dari kaki yang kering, gunakan pelembab pada kaki. Jika ada masalah khusus pada kaki, seperti kapalan atau jamur, gunakan krim khusus untuk menyembuhkannya. Anda juga dapat menggunakan krim khusus untuk mengangkat kutikula agar mudah diangkat. Gunakan krim atau pelembab sambil memijat kaki agar pelembab dapat bekerja maksimal. Hal ini juga akan membuat kaki menjadi mulus.

Gunting

Jangan lupakan bagian kuku saat merawat kaki. Gunting kuku agar terlihat rapi dan gunakan kikir untuk menghaluskan bagian tepi kuku.

Rajin-rajinlah mengolahragakan kaki anda

Berjalan adalah olahraga yang baik. Namun perhatikan sepatu yang anda pakai, harus nyaman!

• Pada saat berbelanja sepatu, perhatikanlah apakah ia nyaman dipakai.

Sepatu anda harus mensupport bagian lekuk-lekukan kaki anda dan mempunyai cukup ruang untuk jari-jari anda. Sepatu gaya yang terlalu ketat dengan hak tinggi bahkan ujung lancip seringkali adalah penyebab rusaknya kaki anda!

• Berjalan tanpa alas kaki, terutama di atas rerumputan sangat baik bagi seluruh tubuh anda selain juga mengencangkan otot-otot kaki. Karena sepatu bertendensi untuk mengurung energi di sekitar kaki anda, maka mungkin inilah alasan kenapa kaki anda terasa lelah sehabis bepergian.

http://4.bp.blogspot.com/_5_5NaeDFhQs/TGYdbKSTlPI/AAAAAAAAACA/IA_EZKqy3xc/s1600/57643_kaki.jpg