Apakah Meningitis Bisa Menyerang Anak-anak?

Apakah Meningitis Bisa Menyerang Anak-anak?“Benarkah Meningitis tidak hanya bisa menyerang orang dewasa, melainkan juga anak-anak?”

Pengertian meningitis yang dikutip dari wikipedia.org yaitu adanya radang pada bagian membran yang menyelubungi otak dan juga sumsum tulang belakang yang disebut menigen. Meningitis merupakan penyakit yang berbahaya dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Radang selaput otak atau meningitis tidak hanya saja menyerang dewasa akan tetapi dapat menyerang anak-anak. Untuk lebih mengenali Meningitis pada anak maka di artikel kali ini akan dijelaskan ciri anak yang mengidap menginitis, kapan anda harus khawatir dan memerlukan bantuan medis. Selain itu mengenai pencegahan dan pengobatan yang dilakukan untuk anak yang menderita menginitis.

Bagaimana penyakit meningitis menyerang anak?

Anak yang terserang meningitis kebanyakan berusia lima tahun. Anak yang menderita meningitis mengalami peradangan selaput dan membengkak. Beberapa kondisi penyakit ini akan membaik dengan sendirinya akan tetapi apabila dibiarkan maka seringkali menimbulkan komplikasi yang serius dan semakin parah pada anak yang menderita meningitis.

Meningitis pada anak dapat menular, hal ini dikarenakan mikroorganisme yang mudah menular. Apabila telat mendapatkan penanganan maka akan menyebabkan kondisi yang serius bahkan hingga lumpuh dan gangguan mental. Penyakit meningitis akan menular melalui ingus dan cairan ludah anak yang menderita meningitis. Apalagi ketika anak sedang bersin, berbicara, batuk ataupun tertawa. Bahkan penularan dapat terjadi dari makan dan minum bersama dengan penderita.

Penularan menginitis memang sangat mudah, sehingga orang tua harus waspada. Barang yang digunakan anak yang menderita menginitis misalnya handuk atau tisu bekas dapat menjadi media penularan pada anak. Anak yang menderita menginitis akan menularkan penyakitnya selama masih menunjukan gejala tersebut. Bahkan penderita meningitis dapat menularkan bakterinya setelah mengkonsumsi obat antibiotik sekitar 24 jam dari pemberian obat meningitis.

Berbahayakah penyakit meningitis pada anak?

Meningitis merupakan penyakit yang serius, infeksi yang dialami oleh anak yang mengidap menginitis bisa hingga ke jaringan otak bahkan hingga merusak otak. Hal ini karena penyebabnya adalah mikroorganisme yang mudah menyerang. Penyebab dari meningitis pada anak dibagi menjadi dua :

1. Meningitis Viral

Pada meningitis viral disebabkan karena beberapa virus. Pada kasus anak yang menderita meningitis viral sulit diobati bahkan dengan menggunakan antibiotik sekalipun. Penyakit meningitis viral sering terjadi pada musim panas walaupun demikian biasanya tidak sampai menyebabkan anak yang menderita mengidap penyakit serius ataupun merusak.

2. Meningitis Bakteri

Meningitis bakteri sangat umum terjadi pada anak-anak. Meskipun dapat diobati dengan menggunakan antibiotik akan tetapi terkadang akan berdampak pada kerusakan otak, tuna ganda, gangguan mental dan lumpuh. Pencegahan terhadap meningitis pada anak-anak dilakukan saat bayi yaitu dengan memberikannya vaksin prevnar untuk melindungi dari pneumococcus.

Apabila dilihat dari penyebabnya meningitis yang paling berbahaya adalah meningitis yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan anak yang terserang bakteri meningitis mengalami kerusakan otak, gangguan mental, tuna ganda bahkan hingga kelumpuhan. Meskipun demikian bukan berarti meningitis yang disebabkan oleh virus tidak berbahaya, sama saja akan membahayakan kesehatan anak. Sehingga penting untuk orang tua mengetahui gejala yang menunjukan anak terserang bakteri atau virus menginitis untuk mendapatkan pengobatan dini.

SUMBER

Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Syifa Kids Mata Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Buah Hati Anda

Madu Herbal Syifa Kids Mata Sehat merupakan formula nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia yang ....
Rp 45.000 Beli
Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Herbal Syifa Kids Cerdas dan Cendekia Meningkatkan Kecerdasan Anak

Madu Syifa Kids Cerdas Cendekia merupakan madu anak untuk nutrisi 100% alami tanpa bahan kimia ....
Rp 45.000 Beli
Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon

Kapsul Minyak Ikan Salmon Adalah Kapsul herbal Yang 100% terbuat dari minyak ikan salmon berguna ....
Rp 50.000 Beli

Komentar