Amankah Pemakaian Popok Kain Bayi?

amankah-pemakaian-popok-kain-bayiSekarang ini sudah ada popok kain bayi dan popok bayi sekali pakai. Penggunaan popok bayi sekali pakai sangatlah disukai para orangtua. Karena penggunaan popok bayi sekali pakai sangat praktis ketika sedang berpergian. Namun ada juga orang tua yang lebih memilih menggunakan popok kain bayi, selain dapat di cuci ulang, dengan menggunakan popok kain akan lebih menghemat pengeluaran orang tua dalam pembelian popok. Namun apakah aman menggunakan popok kain bayi yang setelah digunakan di cuci kembali?

Beberapa orang tua masih was – was dengan penggunaan popok kain bayi, apakah hal tersebut higenis? apakah tidak akan mempengaruhi kulit bayi? Mungkin pertanyaan itu lah yang ada di benak para ibu rumah tangga.

Sebenarnya pemakaian popok kain bayi cuci ulang adalah aman. Karena dalam popok kain bayi tidak mengandung bahan – bahan yang berbahaya. Popok kain bayi terbuat dari bahan yang aman, karena hanya terdiri dari beberapa lapis kain dan juga dilengkapi dengan lapisan anti bocor.

Selain itu banyak orang tua mungkin memilih menggunakan popok bayi dari bahan kain karena peduli dengan lingkungan. Menggunakan popok kain berarti Anda mengurangi sampah yang dibuang. Namun bukan berarti popok kain lebih ramah lingkungan. Popok kain perlu dicuci dengan air. Selain membuang-buang air, air deterjen yang hasil pencucian pun bisa menjadi limbah bagi lingkungan. Popok kain dianggap lebih aman untuk kulit bayi karena bebas dari bahan kimia.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penggunaan popok kain bayi :

  • Bila menggunakan peniti untuk memasang popok, pilih peniti berukuran besar dengan kepala yang terbuat dari plastik. Hati-hati saat memasangnya agar tidak melukai bayi.
  • Popok kain yang basah terkena urine bayi bisa langsung ditaruh di keranjang pakaian kotor, tapi popok kain yang kotor karena feses harus dibersihkan terlebih dahulu. Anda bisa menyemprotkan popok dengan campuran air dan baking soda untuk mengendalikan bau.
  • Ketika mencuci popok kain, pisahkan dengan pakaian lain dan gunakan detergen lembut bersifat hypoallergenic yang aman digunakan oleh kulit sensitif dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Gunakan air panas dan dibilas minimal dua kali. Jangan gunakan pelembut pakaian yang dapat menimbulkan ruam pada bayi dengan kulit sensitif.
  • Selalu mencuci tangan setelah mengganti popok bayi untuk mencegah penyebaran kuman.

 

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei Waterproof Import 120 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Rp 260.000 Beli
Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Pembalut Kain Jelita-V Jumbo Motif

Jelita-V Jumbo Motif merupakan inovasi produk pembalut kain cuci ulang dari Jelita-V yang aman, nyaman.  ....
Rp 95.000 Beli
Siklus Baby Pants, Popok Bayi Cuci Ulang

Siklus Baby Pants, Popok Bayi Cuci Ulang

Siklus baby pants merupakan popok bayi cuci ulang yang terbuat dari kain dan dirancang secara ....
Rp 45.000 Beli
Shampoo Kemiri Syuga Atasi  Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Shampoo Kemiri Syuga Atasi Masalah Rambut Rontok, Kusam, Patah-Patah

Black Magic sekarang menjadi Shampoo Kemiri Syuga adalah Shampo untuk pemanjang rambut, penumbuh rambut dan penghalus rambut ....
Rp 90.000 Beli

Komentar