Alergi Susu Sapi pada Bayi


Alergi Susu Sapi pada BayiSaat ini, kita banyak menemukan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif dari ibunya sejak lahir karena beberapa faktor. Sebagai gantinya, bayi mendapatkan asupan susu formula yang terbuat dari susu sapi.

Namun, patut kita ketahui bahwa pada sebagian besar bayi di usia ini, saluran pencernaannya masih sensitif dan belum mampu menoleransi susu formula dari susu sapi tersebut. Inilah yangs erring kita sebut dengan alergi susu sapi.

Tanda-tanda bayi yang alergi susu sapi adalah;

  1. sering muntah
  2. diare
  3. kolik
  4. asma
  5. eksim atau biduran

Kedadaan yang demikian tentu akan sangat mengganggu aktifitas dan tumbuh kembang anak.

Jika dalam kedaan demikian anak Anda tidak segera ditangani dan diatasi, maka itu dapat berpengaruh terhadap kegagalan tumbuh kembang anak. Karena itu harus dicarikan sebuah solusi lain, misalnya, mencari susu formula alternatif lain atau kembali kepada ASI eksklusif jika mampu.

Sumber Gambar : http://www.edgewater-crossfit.com/uploads/2014/09/lactose6-x-800.jpg

7 Komentar

  1. Mohon infonya donk,,, anak saya skrg usianya jalan 2 bln,, saya tau kalo bayi sebaiknya dikasi makan umur 6bln,, seblm umur tesbt bayi hanya dikasi ASI, yg jd pertanyaan saya,, anak saya dr lahir tidak minum ASI karena ASI saya tidak keluar, saya jg tidak tau knapa? Dgn begitu apakah anak saya jg harus umur 6 bln bru diberi makanan tambahan,, sdangkan dy mnum sufor bkn ASI. Mohon balasanya terima kasih

  2. Mau tanya sedikit nih. Anakku 3 thn dan ada alergi. Apakah alergi tsb termasuk alergi thd susu sapi? Anak saya sih gak muntah2 atau biduran, dan dia memang ada asma. Jd setiap habis minum susu formula, nafasnya suka sesak, tp sy pikir krn memang asma nya kambuh. Dan terkadang kolik. Apakah ini krn sufor nya? Haruskah sy ganti susu nya? Mohon advice. Terima kasih sebelumnya

  3. Anak saya punya alergi. Tp sejak ganti sufor Anmum hampir setahun terakhir, anak saya sudah tdk mengalami kolik dan asma. Memang memilih susu yg baik dan benar utk anak hrs sangat diperhatikan sekali ya krn bnyk bgt sufor jaman skr yg mahal dan bagus tp trnyata gak cocok dgn si anak yg mempunyai alergi.
    Anyway, thanks for sharing the post

  4. Bayi saya brusia 3bln,dr lahir smpe skr sdh dkasi sufor,pd usia 1bln lebih saya prnah kasih dia makan cereal beras merah dibuat encer,sempat rutin slama 1 minggu shari 1kali ,coz dia terus2an kolik..smpe skr saya msi mrsa khwatir ttg mslh itu..apakah tidak akan mngganggu pncrnaannya?BAB msi 2hari skali.kdang 3hr skali..dan suka kembung dan smbelit..apakah itu ad kaitanny dg sy kasi dia makan cereal?mohon solusinya..trims..

    1. maaf bu iryana..
      boleh tahu alasan bayi dikasi sufor sejak bayi smp sekarang. potensi kembung dan sembelit pada bayi yang diberi sufor semakin besar jika dibansing dengan diberi ASI. itulash sebabnya sebaiknya bayi di beri ASI ibu. dan belum waktunya diberi makan tambahan cereal atau bubur2 lainnya, karena pencernaannya belum kuat. kalupun mau memberi makan ya mungkn madu atau sari kurma encer (kalau terpaksa), sampai usianya 6 bln.

  5. Putri pertama saya skr berusia 22bln. Sebentar lagi, kurang lebih 3 minggu lagi, adiknya akan lahir. Saat ini saya sedang kebingungan sama si sulung, karena nafsu makannya menurun dan dia juga jadi anti minum susu formula. Padahal sebelumnya dia bisa minum susu formula 5-7 botol sehari @120ml. Kira2 seminggu yg lalu dia sempet diare dan muntah2, terkadang suhu tubuhnya naik. Apakah ini hal yg biasa dialami oleh anak2 seusianya saat adiknya mau lahir???Karena banyak orang yg berpendapat seperti itu.
    Saya mohon sharingannya, kira2 apa yg harus saya lakukan thdp si sulung agar nafsu makan dan minum susunya kembali normal lagi. O iya, bbrp hr yg lalu sempat saya cekokin si sulung dgn susu formula yg biasa dia konsumsi, namun terlihat ada bintil2 di sekitar mulutnya, apakah dia terkena alergi susu sapi ya???
    Terima kasih sebelumnya.

    1. @witra : melihat gejalanya nampaknya memang ada tanda-tanda anak alergi susu formula tersebut. ya bisa saja kelhiran calon adik mempengaruhi. sebaiknya ibu tetap terus berusaha membrinya makan sedikit-sedikit di selingi dengan suplemen seperti madu atau kurma yang cukup memberikan pemenuhan nutrisinya. dengan terus memberikan perhatian penuh dan kasih sayang, serta pengertian kepadanya. untuk mengantisipasi perasaannya yang mgk lagi senstif. memang ada kalanya anak-anak mengalami masa-masa ini. tindakan memaksanyanya akan membuatnya tambah stress dan menolak. dan bisa jadi nafsunya menurun dalam jangka waktu yg lebih lama. jadi di tunggu saja masanya nafsu makannya akan kembali. yang penting di ingat oleh ibu dan angota keluarga lain untuk tidak memaksanya.

Komentar