Kesehatan

9 Manfaat Makanan Bersantan

santanMenu bersantan saat lebaran, menjadi salah satu resep favorit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Di berbagai daerah bisa kita temui resep masakan yang berbahan dasar santan, misalnya seperti opor ayam yang dipadukan dengan ketupat. Makanan bersantan tidak pernah ketinggalan disajikan pada hari kemenangan setelah satu bulan berpuasa. Makanan ini memang menjadi makanan yang istimewa saat hari kemenangan. Namun Anda harus tetap memperhatikan banyaknya makanan bersantan yang Anda makan.

Makanan yang bersantan mengandung banyak lemak dan sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak selama berpuasa. Meskipun begitu, santan juga mengandung copper, fosfor, zat besi, dan selenium yang sangat berguna untuk tubuh. Setidaknya ada sembilan manfaat yang bisa kita dapatkan dari santan. Berikut kami informasikan 9 manfaat makanan bersantan antara lain:

Menjaga elastisitas kulit dan pembuluh darah

Kandungan copper atau tembaga dalam santan dapat membantu mempertahankan kelenturan dan elastisitas kulit dan pembuluh darah.

Membantu memperkuat tulang

Kandungan kalsium dalam santan memang tidak terlalu banyak, meskipun begitu kandungan fosfornya cukup untuk membantu memperkuat tulang.

Membantu mencegah anemia

Segelas santan memiliki kandungan sekitar seperempat pasokan zat besi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia.

Membuat otot lebih santai

Jika Anda mengalami sakit otot, Anda bisa mengkonsumsi santan. Santan juga mengandung magnesium yang bisa membantu mengurangi rasa sakit pada otot atau kram sehingga otot akan lebih santai.

Membantu menurunkan berat badan

Santan juga mengandung serat yang berguna untuk tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi membuat santan jadi mengenyangkan.

Mengurangi resiko peradangan sendihidangan lebaran

Santan mengandung selenium yang berfungsi sebagai antioksidan. Selenium inilah yang mengendalikan radikal bebas dan membantu mengurangi gejala radang sendi.

Menurunkan tekanan darah

Selain mengandung selenium dan fosfor, santan juga mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah.

Menjaga ketahanan tubuh

Kandungan vitamin C dalam santan mampu mendongkrak sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Kandungan zinc-nya menjaga kesehatan kelenjar prostat

Zinc adalah salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam menjaga kesehatan kelenjar prostat. Malahan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa zinc mampu menurunkan aktivitas sel kanker dalam tubuh.

Menu bersantan selain rasanya nikmat, juga mempunyai segudang manfaat. Anda bisa menikmatinya selama hari lebaran, selama tidak berlebihan.

sumber gambar:
1. http://mypicpic-food.ucoz.ru/_ph/24/32059448.jpg
2. http://media.vivanews.com/images/2012/08/20/168087_hidangan-lebaran--ketupat-opor.jpg