Tumbuh Kembang Anak

9 Cara Mengasah Kreativitas Anak Dengan Cara Menyenangkan

9-cara-mengasah-kreativitas-anak-dengan-cara-menyenangkan

Mengasah kreativitas anak harus dilakukan sejak dini. Karena kreativitas adalah sesuatu yang menunjang sang anak dalam memecahkan permasalahan dan menjelajah sesuatu yang baru. Selain itu kreativitas juga akan menentukan sang anak dalam menunjang masa depan dan juga cita-cita sang anak kelak. Dan saya juga percaya bahwa setiap anak memiliki daya kreatif dan kecerdasan masing- masing. Berikut ini ada beberapa cara mengasah kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan yang bisa di jadikan referensi oleh para orang tua.

1. Bermain

Pada dasarnya anak – anak memang senang bermain, oleh karena itu anda bisa memberikan permainan pada anak yang bisa mengasah kreativitas anak. Anda juga tidak perlu memberikan berbagai mainan yang mahal harganya. Cukup anda memberikan mainan yang berguna bagi sang anak dalam mengasah kreativitasnya. Misalnya saja permainan menyusun lego, menggambar dan mewarnai, membuat kerajinan atau menyusun kata.

2. Biarkan anak berimajinasi

Salah satu cara melatih imajinasi anak adalah dengan membacakan sebuah dongeng. Anda bisa membacakan dongeng pada anak anda, ajak sang anak berinteraksi mengenai bagaimana tokoh yang ada di dalam cerita atau anda bisa menanyakan bagaimana akhir dari cerita ini. Selain hal tersebut membacakan dongeng bisa menambah pembendaharaan kata dan bahasa pada anak.

3. Berkreasi setiap hari 

Anda bisa mengajak anak anda untuk berkreasi dengan membuat sesuatu yang kreatif. Misalnya saja anda bisa mengajak anak anda untuk menggambar, mewarnai, melipat kertas, bermain, menyanyi dan bercerita. Usahakan melakukan sesuatu yang baru dan berbeda agar sang buah hati tidak merasa bosan bisa mengembangkan daya kreatifnya.

4. Bebaskan anak dengan bereksplorasi

Pada dasarnya anak – anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Jadi biarkan anak anda melakukan eksplorasi terhadap dunia di sekitarnya. Namun anda juga perlu melakukan pengawasan terhadap anak anda. Selain itu anda juga harus mendampingi anak anda ketika ia sedang mengalami kesulitan anda bisa membantunya.

5. Berikan pengalaman baru

Berikan pengalaman baru pada anak dengan mengunjungi tempat – tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Misalnya saja ke museum, kebun binatang, sawah, kebun, peternakan, pasar tradisional dan tempat rekreasi. Berikan kesempatan pada anak untuk merasakan hal baru seperti menyentuh, melihat, merasakan dan mencium aroma yang baru. Dengan begitu akan membuat anak lebih mengembangkan daya kreativitasnya.

6. Melatih kemampuan otak kanan anak

Di sekolah biasanya melakukan pengembangan dengan otak kiri maka anda sebagai orangtua harusnya membantu perkembangan otak kanan anak. Anda bisa melatih otak kanan anak dengan berbagai kegiatan seni, misalnya saja, menyanyi, menari, menggambar, dan berpuisi. Hal tersebut juga akan membuat otak kiri dan otak kanan anak menjadi lebih seimbang.

7. Memberikan liburan yang kreatif

Memberikan liburan yang kreatif pada anak tidak harus pergi ke tempat yang jauh dan mahal. Namun anda bisa membuat liburan yang simpel yang tidak jauh dari rumah anda. Misalnya saja anda bisa mengajak anak anda berkebun di pekarangan sebelah rumah, atau outbound dan anda juga bisa mengajak anak anda untuk mendekorasi kamarnya.

8.Jangan dipaksa

Jika anak anda tidak menunjukkan bakat atau kreativitas, anda tidak perlu memaksa anak anda. Justru hal tersebut malah bisa membuat anak anda menjadi lebih frustasi dan juga stress.

9. Beri anak pujian

Beri anak pujian ketika ia berhasil melakukan sesuatu yang kreatif. Misalkan saja anak anda berhasil membuat perahu dari kertas origami, anda bisa memberikan pujian dengan berkata ” wah hebat, akan berlayar ke mana kapal ini?”.

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Pink

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Pink

Jelita-V adalah produk pembalut kain untuk wanita yang aman dan nyaman. Terbuat dari bahan pilihan yang bermutu ....
Sprei Waterproof Import 180 x 200

Sprei Waterproof Import 180 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Mainan Anak Edukatif – Belajar Jam

Mainan Anak Edukatif – Belajar Jam

Selain belajar mengenal dan membaca jam, mainan ini juga mengajarkan anak mengenal dan mengingat angka-angka ....
Mainan Anak Edukatif – Kereta Geometri

Mainan Anak Edukatif – Kereta Geometri

Goemetric train, mainan bentuk kendaraan ini sangat lah menarik untuk mengajarkan anak tentang jenis kendaraan, ....