Tumbuh Kembang Anak

7 Dampak Negatif Terlalu Memanjakan Anak

7-dampak-negatif-terlalu-memanjakan-anak

Bagi orang tua anak adalah sebuah anugerah dari Tuhan, oleh sebab itu kebanyakan orangtua akan memberikan semua keperluan anak nya secara berlebihan. Ada juga orangtua yang memberikan segala yang diinginkan sang anak. Sebagai orang tua seharusnya bisa memilah mana yang dibutuhkan anak dan mana yang hanya menjadi keinginan sang anak. Tidak semua keinginan sang anak harus kita turuti karena hal tersebut bisa membuat anak menjadi manja. Tahukah anda para orangtua bahwa memanjakan anak memiliki dampak negatif, berikut ini beberapa dampak negatif terlalu memanjakan anak.

1. Kurang Mandiri

Semua permintaan yang selalu di turuti oleh orang tua akan membuat anak tidak mandiri. Hal tersebut bisa membuat sang anak selalu ketergantungan terhadap orangtuanya. Jika anak tidak di ajari mandiri dari kecil hal tersebut akan berimbas pada masa depan sang anak yang tidak bisa lepas dari orangtuanya.

2. Kurang bertanggung jawab

Memanjakan anak akan membuat sang anak menjadi tidak bertanggung jawab, baik itu terhadap barang yang ia miliki maupun tingkah lakunya di masyarakat. Karena anak akan merasa bahwa ia memiliki tameng yang akan selalu membelanya.

3. Sulit berinteraksi dengan lingkungan luar

Anak yang terbiasa dimanja akan kesulitan ketika berinteraksi dengan lingkungan luar. Hal tersebut dikarenakan sang anak yang selalu di penuhi kebutuhannya oleh orang tua nya.

4. Mudah menyerah dan putus asa

Karena sedari kecil sudah terbiasa dengan segala hal yang selalu di turuti oleh kedua orangtua nya, ketika ia besar akan menjadi seseorang yang mudah berputus asa dan menyerah. Karena sedari kecil selalu mendapatkan apa yang diinginkan tanpa bersusah payah terlebih dahulu.

5. Anak menjadi kurang inisiatif dan kreatif

Anak yang sedari kecil diajarkan membantu pekerjaan rumah oleh orangtuanya akan berbeda dengan anak yang sedari kecil sudah dimanja. Akibatnya ketika anak yang dimanja sudah dewasa tidak akan memiliki inisiatif dan kurang kreatif

6. Mementingkan diri sendiri

Anak yang selalu dimanja akan merasa bahwa ia selalu di perhatikan dan selalu mendapatkan apa yang di inginkan. Karena hal tersebut akan membuat sang anak menjadi lebih mementingkan diri sendiri dan tidak memandang kepentingan orang lain.

7. Dapat menumbuhkan sifat pemarah

Anak yang sedari kecil sudah terbiasa mendapatkan apa yang diinginkan dari orangtuanya akan membuat anak menjadi terbiasa dengan segala sesuatu yang selalu di sediakan. Oleh sebab itu jika apa yang di inginkan tidak segera di turuti akan membuat sang anak menjadi mudah marah.

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Kuning

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Kuning

Jelita-V adalah produk pembalut kain untuk wanita yang aman dan nyaman. Terbuat dari bahan pilihan yang bermutu ....
Sprei Waterproof Import 100 x 200

Sprei Waterproof Import 100 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Masker Strawberry Efektif Untuk Mencerahkan Wajah

Masker Strawberry Efektif Untuk Mencerahkan Wajah

Strawberry adalah buah yang mungil dan berwarna merah lucu ini menjadikan orang suka meskipun belum ....
Herbal Rempah Mandi Untuk Menyegarkan Tubuh

Herbal Rempah Mandi Untuk Menyegarkan Tubuh

Herbal Rempah Mandi adalah herbal yang  dibuat lebih dari 10 bahan alami yang dikeringkan dan ....