Kesehatan

7 Cara Terbaik Melakukan Diet

diet sehatSemua orang pasti ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Karena dengan tubuh yang ideal akan menunjang penampilan dan menambah kepercayaan diri seseorang. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal yaitu dengan cara diet. Diet adalah mengatur pola makan sehingga memilih makanan yang Anda konsumsi setiap harinya dengan cara yang sehat.

Bagi Anda yang melakukan diet tanpa memberikan asupan nutrisi sepanjang hari maka kalori yang dibutuhkan oleh tubuh akan diproses melalui cadangan kalori sehingga mengakibatkan Anda dalam rentan waktu yang singkat cepat lapar. Menjaga pola makan dengan pola makan tiga kali sehari dengan jumlah kalori yang dikurangi dan asupan nutrisi lain harus tetap terjaga keseimbangannya. bagaimana cara terbaik untuk melakukan diet? Berikut kami informasikan 7 cara terbaik melakukan diet.

1.  Jangan menghindari sarapan

Sarapan merupakan cara terbaik untuk melakukan diet karena dapat memberikan energi untuk kebutuhan Anda sepanjang hari. Meninggalkan sarapan berarti membuat Anda lapar dan kemungkinan besar untuk makan dalam jumlah yang banyak di siang harinya. Dengan begitu penting sekiranya untuk Anda yang akan melakukan diet memperhatikan asupan makanan ketika sarapan karena dengan makanan yang sehat akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

2.  Minum air 8 gelas perhari

Mendapatkan berat badan ideal bukan dari asupan makanan saja akan tetapi kebutuhan cairan tubuh yang harus dipenuhi. Menurut penelitian yang dilakukan dengan minum air dua gelas sebelum makan merupakan cara terbaik dalam menurunkan berat badan. Penuhi kebutuhan minum dengan air mineral Anda setiap hari sebanyak 7-8 gelas  perhari.

3.  Makan dalam porsi sedikit tetapi sering

Makan dengan jumlah yang sering dan dalam porsi yang sedikit merupakan cara yang terbaik. Hal ini karena akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan membantu menurunkan berat badan. Anda dapat makan 5 kali sehari dengan rentan waktu 3-4 jam tentunya pilihan makanan yang tepat dan sehat.

4.  Hindari makan ketika akan tidur

Sebaiknya hindari makan besar 2-3 jam sebelum tidur dikarenakan makanan yang baru Anda cerna akan menjadi timbunan lemak di dalam tubuh apalagi untuk makanan mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Jika Anda lapar makan beberapa buah karena banyak mengandung enzim yang mudah dicerna ketimbang beberapa makanan lainnya.

5.  Memilih cemilan yang sehat

Bagi Anda yang berdiet, memilih cemilan sehat adalah cara terbaik. Beberapa cemilan sehat ternyata tidak selamanya rasanya kurang dinikmati, justru beberapa cemilan ternyata menjadi favorit Anda seperti  kacang, popcorn dan biji wijen yang mempunyai manfaat dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

6.  Menghindari makanan olahanratu langsing

Karbohidrat yang terdapat di dalam makanan olahan tidak baik bagi kesehatan begitu juga dengan Anda yang sedang berdiet, karena dapat memicu peradangan. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti dalam junk food sangat berpotensi menggagalkan diet Anda. Sehingga lebih baik untuk Anda mengolahnya sendiri dengan kandungan garam yang sedang.

7.  Olahraga

Olahraga merupakan serangkaian diet sehat yang bisa Anda lakukan dengan mudah seperti melakukan aerobik, lari, bersepeda, berenang dengan secara rutin dan durasi yang tepat. Terlalu banyak melakukan olahraga tanpa asupan gizi yang seimbang akan membuat Anda rentan terhadap beberapa gangguan kesehatan.

Demikian beberapa tips terbaik untuk melancarkan program diet Anda. Konsumsi herbal untuk diet juga bisa Anda lakukan seperti mengkonsumsi ratu langsing, teh celup jati cina, dan teh celup jati belanda.

sumber gambar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-AWjNEFLyFMQ/UC2TCBKukdI/AAAAAAAACQ8/x2x1DEP0k_4/s1600/Balance.jpg
2. http://www.obatherbal.net/uploads/2012/03/ratu-langsing.jpg