Tumbuh Kembang Anak

6 Tips Mengurangi Anak Suka Jajan

6-tips-mengurangi-anak-suka-jajan

Anak – anak memang pada umumnya sangat suka akan jajan. Apalagi jika sang anak sudah memasuki usia sekolah, dan di sekolah memang biasanya terdapat banyak pedagang yang berjualan di luar sekolah. Para penjual biasanya menawarkan jajanan yang manis – manis dengan aneka bentuk yang lucu. Hal tersebut pasti membuat anak – anak menjadi tertarik dan ingin jajan. Namun bagaimana mengatasi anak yang keseringan jajan? Berikut ini ada beberapa tips guna mengurangi anak suka jajan.

1. Siapkan bekal anak

Jika anda merasa khawatir akan makanan apa saja yang suka di beli sang anak saat disekolah anda bisa memberikan bekal sekolah pada anak. Selain lebih sehat dan aman anda akan terhindar dari rasa khawatir. Dengan memberikan bekal pada anak akan mengurangi anak untuk jajan.

2. Batasi uang jajan anak

Jika anda tidak ingin anak anda banyak jajan anda bisa membatasi uang jajan anak. Anda bisa memberikan anak anda uang jajan sewajarnya saja.

3. Ajari anak anda untuk berhemat atau menabung

Anda bisa mengajari anak anda untuk berhemat dengan cara menabung. Anda bisa memberitahu anak anda bahwa sebaiknya uang jajan lebih baik digunakan dengan seperlunya saja. Dan sisa dari uang jajan nya  bisa di tabung, uang hasil dari tabungannya bisa di gunakan untuk membeli sesuatu yang di inginkan sang anak. Misalnya saja untuk membeli alat sekolah yang di inginkannya.

4. Perhatikan makanan kesukaan anak

Banyak anak yang tidak suka makan di rumah karena kurang cocok dengan menu yang ada. Orangtua sebaiknya memperhatikan makanan kesukaan anak sehingga membuat anak mendapatkan cukup makan di rumah.

5. Pastikan anak mendapat makanan yang cukup

Anak yang tidak makan atau makan hanya sedikit akan membuat anak akan membuat lebih mudah lapar. Hal tersebutlah yang membuat anak menjadi lebih suka jajan. Oleh karena itu anda harus memperhatikan bahwa anak anda mendapatkan cukup makanan sehingga anak tidak akan jajan.

6. Berikan pengertian resiko jajan sembarangan

Beri pengertian pada anak anda bahwa jajan memang boleh namun dalam batasan yang wajar. Apalagi jika sang anak suka jajan sembarangan, hal tersebut tidaklah baik bagi kesehatan. Beritahu pada anak makanan sehat dan tempat jajan yang sehat sehingga anak anda akan lebih berhati – hati dalam jajan.

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Kuning

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Kuning

Jelita-V adalah produk pembalut kain untuk wanita yang aman dan nyaman. Terbuat dari bahan pilihan yang bermutu ....
Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei Waterproof Import 90 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Sabun Prilly – De Whitening Soap Membantu Memutihkan Kulit

Sabun Prilly – De Whitening Soap Membantu Memutihkan Kulit

Sabun Prilly – de whitening soap merupakan Sabun susu yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mengandung rempah ....
Body Compress Melancarkan Peredaran Darah Menghilangkan Stress

Body Compress Melancarkan Peredaran Darah Menghilangkan Stress

Body Compress adalah produk herbal compress yang terbuat dari bahan-bahan organic dan berkhasiat untuk melancarkan ....