6 Perlengkapan MPASI Ini Wajib Bunda Miliki Agar Bayi Lahap Makan

Peralatan MPASI pertamaMemasuki usia 6 bulan, saatnya Si Kecil berkenalan dengan makanan pendamping asi (MPASI). Pada usia ini, Bunda bisa mempersiapkan makanan semi padat untuk si kecil.

MPASI diberikan untuk mengenalkan makanan setelah bayi berusia 6 bulan. Jika banyak yang berkata bahwa ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi, lalu mengapa bayi butuh MPASI?

Saat bayi berusia 4 bulan, cadangan zat besi di dalam tubuh mulai menurun dan mendekati nol saat usia bayi 6 bulan. Inilah yang membuat bayi memerlukan asupan tambahan untuk melengkapi ASI ketika si kecil berumur 6 bulan.

Selain senang memasuki masa MPASI dengan browsing berbagai menu varian yang cocok untuk MPASI pertama, Bunda juga sering dibuat bingung sebenarnya peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk persiapan MPASI.

Tentunya peralatan yang tepat diperlukan agar makanan MPASI bisa tersaji dengan baik dan aman bagi bayi. Nah, berikut beberapa daftar peralatan MPASI yang wajib Bunda miliki, dikutip dari motherandbaby.co.id.

1. High Chair atau Booster Seat

Usahakan agar Si Kecil selalu duduk saat Anda memberinya MPASI. Hal ini penting supaya ia terbiasa disiplin saat makan. Ada beberapa produk yang dapat Anda pilih seperti high chair atau booster seat untuk Si Kecil.

2. Baby Bib (Celemek)

Agar baju Si Kecil tidak kotor atau basah saat menikmati MPASI, sediakan baby bib atau celemek. Ada berbagai baby bib yang dapat dipilih, dari yang berbahan silikon sehingga mudah dibersihkan, berbahan kain hingga disposable bib yang cocok untuk traveling.

3. Peralatan Makan

Pilihlah peralatan makan seperti piring, mangkuk dan gelas yang dapat menarik perhatian Si Kecil, baik warna atau gambarnya. Pastikan peralatan tersebut BPA free ya, Moms!

4. Baby Food Maker

Baby food maker dapat menjadi pilihan untuk membantu Anda membuat MPASI yang lezat dan sehat untuk Si Kecil. Hanya dengan 1 alat, Anda dapat memblender, mengukus, mencairkan makanan beku, dan menghangatkan dalam waktu singkat.

5. Perlengkapan Dasar

Meski Anda memiliki banyak waktu untuk menyiapkan MPASI Si Kecil, seperti mengukus atau melumatkan secara manual, Anda tetap memerlukan perlengkapan dasar seperti perasan jeruk, penumbuk, dan penyaring makanan.

6. Kotak Penyimpanan

Anda membutuhkan kotak penyimpanan jika ingin membuat stok MPASI untuk beberapa hari ke depan. Dengan begitu, Anda hanya perlu membekukannya di freezer dan menghangatkannya saat dibutuhkan.

Komentar