6 Penyebab Rambut Rusak

rambut rusakRambut kering adalah salah satu masalah kecantikan yang umum terjadi pada semua orang. Menata rambut kering bisa jadi menyebalkan dan rambut kering terlihat kusam dan tidak sehat. Masalah rambut yang kerap dialami wanita ini ditandai dengan tekstur rambut yang kasar, kering dan pecah-pecah. Paparan sinar matahari dan catokan merupakan penyebab utama yang membuat rambut rusak, namun ternyata peyebab rambut rusak ini bukan hanya itu saja, berikut 6  penyebab rambut rusak :

1. Sinar matahari

Seperti kulit, sinar matahari juga bisa merusak rambut. Hal ini membuat rambut mudah patah hingga kulit kepala kering. Kondisi lingkungan yang ekstrem, seperti terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu berangin bisa menyebabkan rambut terasa kering. Terutama ketika hari sangat panas, matahari bisa membakar rambut dan membuatnya sangat kering. Bahayanya, kekeringan bisa menyebabkan rambut patah. Oleh karena itu, gunakanlah produk penataan rambut yang memberikan proteksi terhadap sinar UV.

2. Catok & hair dryer

Terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer atau menggunakan alat listrik lain seperti catok atau pengeriting rambut bisa mengakibatkan rambut kehilangan kelembabannya. Panas dari catok, pengeriting, atau hair dryer bisa menyerap kelembaban rambut.

3. Pengeringan dengan handukhair dryer

Menggosok rambut dengan handuk merupakan kebiasaan yang sudah umum dilakukan banyak orang. Kebiasaan ini ternyata bisa merusak rambut. Solusi untuk masalah ini adalah, ketika mengeringkan rambut, tekan-tekanlah rambut dengan handuk secara lembut dan bungkus rambut dengan handuk selama beberapa menit.

4. Menyisir rambut saat masih basah

Selain menggosok rambut hingga kering, kebiasaan lainnya yang salah adalah menyisir rambut saat rambut basah. Hal ini menjadi dilema karena untuk mendapatkan rambut bergelombang, menyisir rambut dalam keadaan basah sambil dikeringkan dengan hair dryer merupakan satu-satunya cara. Untuk meminimalisir hal ini, maka gunakanlah sisir bergigi jarang.

5. Produk styling rambut

Penyebab lainnya kerusakan rambut adalah terlalu banyak terkena alkohol yang terkandung dari produk styling rambut. Batasi atau hindari produk seperti hairspray atau gel rambut. Anda juga perlu memperhatikan ketika membeli produk rambut yang digunakan secara teratur, seperti shampo dan kondisioner, carilah produk yang dapat meningkatkan kilau dan kekuatan rambut. Sebagian besar produk-produk ini membatasi jumlah alkohol.

6. Penyakit

Penyakit-penyakit tertentu seperti anoreksia nervosa (kelainan psikis berupa kekurangan nafsu makan meski sebenarnya lapar dan berselera terhadap makanan) dapat menyebabkan rambut kering. Jelas karena penyakit ini membuat tubuh kekurangan vitamin, mineral, dan nutrien penting.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut kering. Rambut kering bisa dicegah dengan pola makan yang benar, penuh dengan nutrisi dan vitamin. Selain itu, sebaiknya gunakan produk perawatan rambut yang alami, jangan sering menggunakan alat seperti hair dryer atau catok pada rambut.

Sumber gambar:
1.http://cdn.everydayme.co.id/Assets/Modules/Editorial/Article/Images/pertolongan-pertama-untuk-rambut-rusak-2-size-3.jpg
2. http://www.ceriwis.com/women-stuff/1621865-catokan-and-hair-dryer-heles-berkualitas.html

Komentar