Tumbuh Kembang Anak

6 Hal Yang Bisa Menghambat Kreativitas Anak

6-hal-yang-bisa-menghambat-kreativitas-anak

Anak – anak pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu dan ingin mencoba hal – hal yang baru pada masa pertumbuhan. Namun hal – hal baru yang ingin di lakukan sang anak tidak semuanya di anggap baik oleh orang tua bagi masa depan anak. Hal tersebutlah yang dapat menghambat kreativitas anak. Karena orang tua biasanya akan melarang sang anak melakukan hal ini dan itu. Lalu apa saja yang dapat menghambat kreativitas anak?.

1. Anak tidak pernah di berikan pujian

Tidak ada yang sempurna di dunia ini apalagi jika sebuah hasil karya yang hanya di buat oleh anak – anak. Karena anak – anak masih dalam tahap pertumbuhan maka hal tersebut adalah wajar jika hasil karya anak tidak sempurna. Namun berilah pujian pada anak anda meskipun hasil yang dibuat anak anda tidak sempurna. Dengan begitu anak anda akan lebih percaya diri dan akan membuat karya yang lebih lagi.

2. Anak dilarang berekspresi

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan biasanya sangat aktif seolah tidak pernah merasa capek. Mereka biasa berlarian, berteriak, berisik dan banyak sekali macam-macam kegiatan anak pada usia tersebut. Anda biasanya merasa terganggu dan kadang menyuruh anak anda untuk diam dan tidur. Namun hal tersebut sebenarnya salah karena akan membuat anak menjadi tertekan dan yang menyebabkan anak tidak bisa berekspresi dengan imajinasi – imajinasi nya.

3. Sering memarahi anak

Anak – anak dalam masa pertumbuhan biasanya akan mencoba hal – hal yang baru. Namun jika sang anak selalu dimarahi akan membuat sang anak merasa takut untuk melakukan sesuatu. Karena hal tersebut akan membuat anak menjadi takut salah. Padahal menjadi anak yang kreatif ia butuh keberanian untuk mengambil resiko.

4. Memberi mainan yang kurang edukatif

Perkembangan zaman yang semakin canggih ini membuat game digital sudah banyak berada di gadget. Hingga akhirnya para orangtua memberikan gadget pada anak mereka untuk wadah bermain. Hingga akhirnya membuat sang anak hanya bermain itu – itu saja, sehingga tidak akan mengasah kemampuan otak anak untuk berfikir kreatif. Anda bisa memberikan anak anda permainan menyusun seperti lego, puzzle atau rubik.

5. Memaksakan jadwal kegiatan

Anda jangan terlalu memaksakan jadwal kegiatan anak yang padat. Misalnya saja pada les seusai sekolah, namun anak anda merasa kelelahan. Anak – anak pada dasarnya ingin bermain, karena selain bermain anak bisa sambil belajar lewat permainan tersebut. Kegiatan yang terlalu padat dan anak tidak terlalu menyukai nya hanya akan membuat anak stress yang bisa menghambat kreativitas anak.

6. Menutup rasa ingin tahu sang anak

Tidak menjawab pertanyaan anak atau menutup rasa ingin tahu nya akan menghambat eksplorasi anak. Rasa ingin tahu anak sangat tinggi, dan ketika Anda menghambat nya, maka secara tidak langsung Anda sudah menghambat kreativitas nya.

Produk Menarik untuk Anda:

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Kuning

Pembalut Kain Jelita-V Standar Sayap Kuning

Jelita-V adalah produk pembalut kain untuk wanita yang aman dan nyaman. Terbuat dari bahan pilihan yang bermutu ....
Sprei Waterproof Import 180 x 200

Sprei Waterproof Import 180 x 200

Sprei waterproof  merupakan sprei anti air dengan bahan yang berkualitas import. Dengan sprei ini, bunda ....
Mainan Anak Edukatif Tower Ring

Mainan Anak Edukatif Tower Ring

Tower ring permainan anak yang dapat melatih kemampuan klasifikasi dengan meletakkan kotak-kotak dari mulai yang ....
Mainan Anak Edukatif – Shape Block puzzle

Mainan Anak Edukatif – Shape Block puzzle

Shape block puzzle, mainan ini bermanfaat untuk mengenalkan bentuk-bentuk dasar kepada anak-anak. Bermain puzzle adalah ....