5 Kesalahan Dalam Merawat Organ Kewanitaan

merawat organ kewanitaanPerawatan vagina merupakan bentuk perawatan yang lebih membutuhkan perhatian dan kehati-hatian. Organ kewanitaan merupakan organ vital yang sangat sensitif, jadi jika salah dalam perawatan dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan organ kewanitaan. Beberapa masalah akibat lalai dalam merawat daerah kewanitaan seperti masalah keputihan berlebih, gatal akibat munculnya bakteri, kista ovarium, bahkan kanker ovarium.

5 Kesalahan Dalam Merawat Organ Kewanitaan

Nah, Agar Anda tidak mendapatkan masalah tersebut, Anda harus bisa melakukan perawatan dengan tepat dan sesuai dengan anjuran ahli kesehatan. Ada beberapa kesalahan yang terkadang masih dilakukan banyak orang tanpa menyadarinya. Kesalahan apa saja itu? Berikut kami informasikan 5 kesalahan dalam merawat organ kewanitaan.

1. Ceroboh mengobati infeksi pada organ kewanitaan

Kurangnya perawatan pada daerah kewanitaan terkadang membuat daerah tersebut terasa gatal dan masalah keputihan berlebih. Tentu hal tersebut akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, sehingga Anda pasti akan segera mengobatinya. Kebanyakan wanita akan segera mengobatinya dengan membeli obat krim anti jamur di apotek. Namun, terkadang Anda kurang memperhatikan apa penyebab sebenarnya masalah tersebut, apakah disebabkan oleh infeksi jamur atau infeksi menular seksual. Sebaiknya jangan melakukan pengobatan sebelum Anda tahu pasti apa penyebabnya agar tidak terjadi kesalahan. Konsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter  untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Kurang memperhatikan siklus menstruasi

Anda perlu waspada jika siklus menstruasi Anda tidak berjalan dengan normal. Jika siklus menstruasi Anda terjadi setiap 2 minggu, setiap 2 bulan sekali, atau terjadi pendarahan diantara periode menstruasi, maka Anda perlu segera mengkonsultasikan masalah Anda dengan dokter Anda. Pendarahan yang berat bisa menjadi petunjuk bahwa di dalam rahim tumbuh tumor jinak, Anda menderita anemia, hormon yang bermasalah atau bisa gejala awal kanker rahim.

3. Sering menaburkan bedak pada vagina

Menaburkan bedak pada vagina masih banyak kita temui pada bayi. Alasan ibu memberikan bedak pada organ kewanitaan agar daerah tersebut tidak lembab dan lebih segar. Padahal hal ini justru memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kewanitaan kelak di kemudian hari. Akibat seringnya menaburkan bedak pada organ kewanitaan, efeknya tidak akan langsung terasa, tetapi membutuhkan waktu yang lama. Penggunaan dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan resiko lebih tinggi terkena kanker ovarium.

Alasan mengapa bedak tabur tidak baik untuk daerah kewanitaan, karena bedak bisa menyebar sampai ke saluran kelamin dan bisa menyebar sampai ke bagian yang lebih dalam lagi seperti tuba fallopi bahkan bisa ke rahim. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya gunakan pakaian katun dan hindari pakaian yang terlalu ketat.

4. Penggunaan panty liner yang berlebihanPantiliner

Panty liner yang digunakan secara berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan terkena infeksi. Bahan plastiknya bisa membuat udara yang mengalir bisa terhambat sehingga daerah tersebut lebih terasa panas dan berkeringat. Sebaiknya gunakan panty liner jika memang diperlukan, serta  pemakaiannya sebaiknya rutin diganti setidaknya setiap 4 jam sekali.

5. Melupakan pentingnya latihan kegel

Sering kita tidak sadar dan tidak memperhatikan bahwa sebenarnya latihan kegel baik untuk organ kewanitaan kita. Selama hamil dan setelah proses persalinan latihan ini diperlukan untuk mendapatkan otot vagina yang lebih kencang. Jika latihan kegel dilakukan secara rutin akan menurunkan resiko ketidakmampuan mengendalikan keinginan buang air kecil saat wanita menginjak usia menopause. Latihan kegel dapat menguatkan kembali otot-otot vagina yang menjadi lemah karena proses kehamilan, persalinan atau usia yang sudah lanjut.

5 kesalahan dalam merawat organ kewanitaan ini bisa menjadi perhatian bagi Anda yang sering melakukannya sehingga sedikit demi sedikit bisa Anda tinggalkan. Untuk mencegah resiko munculnya berbagai penyakit kewanitaan, Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan Anda!

MENARIK UNTUK DI COBA :

Sumber gambar :
1. http://www.photoinpixel.com/mypicture/red-roses-on-white-background-hd-desktop-high.jpg
2. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/0b/Pantiliner.png/1280px-Pantiliner.png
Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab 4 in 1 untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Manjakani Arab Merupakan Ramuan Tradisional yang terbuat dari buah manjakani yang bermanfaat mengatasi berbagai macam ....
Rp 110.000 Beli
Rose-V Minuman Kesehatan Khusus Wanita

Rose-V Minuman Kesehatan Khusus Wanita

Rose V merupakan minuman kesehatan khusus bagi kaum wanita yang bermanfaat untuk merapatkan organ kewanitaan ....
Rp 150.000 Beli

Komentar