menjaga ginjalGinjal adalah organ yang sangat vital pada tubuh kita yang bentuknya seperti kacang. Organ ini berperan penting dalam mengatur keseimbangan asam basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium tulang, serta berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Karena memiliki fungsi yang sangat vital sehingga penting untuk menjaga agar organ satu ini selalu sehat. Bagaimana cara merawat ginjal supaya tetap sehat? Berikut ini kami informasikan 5 cara mudah merawat ginjal supaya tetap sehat.

1. Mengkonsumsi air putih yang cukup

Menjaga tubuh untuk selalu tetap terhidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya. Karean tubuh manusia terdiri atas 60%–70% air.
Tanpa air, sel tidak akan bertahan hidup dan proses biokimia dan fisiologis dalam tubuh tidak akan bekerja dengan benar. Dianjurkan untuk minum setidaknya delapan gelas per hari. Hal ini sangat baik dalam merawat dan menjaga kesehatan ginjal selain juga untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Menghindari minuman beralkohol

Jauhkan diri Anda dari minuman beralkohol karena minuman tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan ginjal Anda. Alkohol merupakan zat diuretik yang menyebabkan seringnya buang air kecil atau micturation, tetapi juga menyebabkan pencegahan ekskresi bahan lain, seperti asam urat. Hal ini akan mengakibatkan batu ginjal atau radang sendi yang menyebabkan encok. Asam urat adalah salah satu penyebab batu nefrolisiasis atau ginjal.

3. Batasi konsumsi makanan asin

Natrium dan klorida yg merupakan nama kimia dari garam adalah elektrolit dan bertanggung jawab dalam mempertahankan neraca air elektrolit dan keasaman serta kebasaan darah. Kalau Anda mengkonsumsi garam secara berlebihan, dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan menyebabkan akumulasi di ginjal, yang akhirnya akan mengakibatkan disfungsi ginjal.

4. Menjaga pola hidup

Cara menjaga pola hidup adalah dengan cara mengatur pola makan yang sehat, tidur dengan baik, rutin berolahraga, dan kurangi makan daging yang berlemak karena daging lemak dapat menyebabkan berbagai penyakit. Anda bisa memilih makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayuran, daging putih tanpa lemak, ikan, dan jauhi makanan olahan serta kurangi konsumsi garam berlebih. Selain itu, menjaga sistem pencernaan agar selalu sehat juga akan memberikan dampak positif pada kesehatan ginjal Anda. Untuk itu konsumsilah makanan probiotik dan makanan yang mengandung tinggi serat seperti sayur bayam.

5. Berhenti merokokHerba Kumis Kucing

Sama seperti alkohol, sebaiknya Anda jauh-jauh dari rokok. Apabila Anda perokok, sebaiknya berhenti merokok segera mungkin sebelum ginjal Anda bermasalah. Hal ini dikarenakan, kandungan nikotin pada rokok bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada paru-paru saja, melainkan juga pada ginjal.
Begitu besarnya peran organ ginjal bagi tubuh kita, maka sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus selalu menjaga kesehatan ginjal Anda. Untuk mengobati masalah ginjal Anda, bisa juga dengan mengkonsumsi kapsul herba kumis kucing, dan kapsul ekstrak tempuyung.

sumber gambar:
1. http://www.aktin.cz/obrazky/thumb/15729.jpg
2. http://pondokibu.com/wp-content/uploads/2013/05/Herba-Kumis-Kucing.jpg