Kehamilan & Kelahiran, Kesehatan

4 Gerakan Sehat Yang Baik Dilakukan Oleh Ibu Hamil

gerakan yang baik dilakukan untuk ibu hamilSeorang ibu hamil, bukan berarti harus mengurangi ruang gerak dan kebiasaanya melakukan aktivitas rutinnya. Sebenarnya ibu hamil bisa melakukan aktivitasnya seperti biasanya, hanya mungkin perlu untuk mengurangi atau menghindari beberapa gerakan yang tentunya bisa membahayakan kehamilannya. Aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan seperti jalan kaki, membersihkan rumah, atau melakukan pekerjaan rumah tangga. Yang perlu Anda ingat bahwa jika Anda merasa capek sebaiknya Anda melakukan istirahat terlebih dahulu.

Untuk melakukan beberapa aktivitas, Anda juga bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda mengenai aktivitas dan gerakan yang bisa Anda lakukan dan baik bagi kehamilan Anda. Gerakan yang tepat bisa memberikan pengaruh yang positif bagi ibu hamil. Ibu hamil akan lebih mudah mengatur pernapasannya, mengurangi nyeri, dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Gerakan apa saja yang bisa dilakukan saat Anda hamil? Berikut kami informasikan 5 gerakan sehat yang baik dilakukan oleh ibu hamil.

1. Gerakan duduk bersila

Gerakan duduk bersila seperti gerakan yang dilakukan dalam salah satu gerakan yoga. Untuk melakukan gerakan ini juga cukup mudah, Anda bisa menggunakan matras sebagai bantalan duduk agar posisi Anda lebih nyaman dan tidak bersentuhan dengan lantai. Gerakan duduk bersila dengan tangan kanan dan tangan kiri diletakkan pada sisi tubuh sambil meluruskan telapak tangan dan siku. Saat posisi Anda duduk, Anda bisa melakukan latihan pernafasan yang nantinya akan sangat dibutuhkan saat proses persalinan. Latihan pernafasan juga bisa dibarengi dengan menambah gerakan dengan mengangkat kedua tangan sambil menarik nafas.

2. Gerakan merangkak

Gerakan lain yang baik bagi ibu hamil yaitu posisi merangkak. Merangkak bisa Anda lakukan dengan pandangan lurus kedepan, kepala terangkat dan punggung sejajar dengan menarik napas secara perlahan. Anda bisa rutin melakukan gerakan ini sebagai salah satu bagian dari senam hamil Anda.

3. Gerakan berbaring terlentangsenam hamil

Gerakan berbaring terlentang saat hamil bisa Anda lakukan dengan kedua tangan berada disamping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke tubuh. Rilekskan tubuh Anda saat berbaring sambil memejamkan mata dan menarik napas secara perlahan.

4. Gerakan berbaring miring

Posisi badan miring kesamping dengan menekuk kedua lengan dan kedua lutut akan memberikan rasa yang nyaman pada ibu hamil. Gerakan ini juga bisa membantu ibu hamil menenangkan pikirannya.

4 gerakan tersebut bisa Anda lakukan saat Anda hamil karena baik untuk perkembangan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas dan gerakan yang berlebihan karena gerakan yang berlebihan bisa memberikan dampak yang fatal bagi kehamilan.

sumber gambar:
1. http://images.travelpod.com/tw_slides/ta00/fbb/4f6/1152_12990428205-tpfil02aw-10705.jpg
2. http://3.bp.blogspot.com/-z8I-kaWlkIo/UYaA54LezxI/AAAAAAAAANI/REMQKm7Xg6Q/s320/posisi+merangkak+ibu+hamil.jpg