Bayi & Anak, Parenting, Uncategorized

 4 Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Agar Cerdas

Memiliki bayi memang menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Apalagi bagi pasangan yg sudah lama mendambakan momongan. Kehadiran bayi dapat membuat suatu rumah menjadi lebih ramai walaupun dengan tangisan dan ocehan-ocehan yang menggemaskan. Kesehatan bayi yang baru lahir memang wajib diperhatikan agar tumbuh kembang bayi tepat pada waktunya.

Salah satu hal yang paling menyenangkan bagi para orang tua yang memiliki bayi adalah ketika bayi mulai berjalan. Bayi yang sudah berjalan biasanya berumur 12 bulan. Ini merupakan perkembangan bayi yang membuat orang tua lebih semangat dalam mendidik anak. Mendidik anak yang berusia 1 tahun harus lebih hati-hati karena di usia ini, sang buah hati sudah bisa memahami apa yang orang lain ucapkan. Mereka sudah lebih peka terhadap suara, penglihatan dan hal sekitar lainnya.

Anak usia 1 tahun pastinya akan memiliki rasa ingin tau yang tinggi terhadap benda-benda di sekitarnya. Usia ini menjadi usia yang cocok untuk mengajari hal-hal baru yang nantinya sangat penting untuk tumbuh kembangnya. Buat para orang tua yang ingin memiliki anak yang punya rasa disiplin tinggi, sebaiknya diajarkan sejak ia masih kecil, misalnya saat masih berumur 1 tahun. Tumbuh kembang anak berusia setahun memang harus lebih diperhatikan karena ini akan menjadi kebiasaan saat dia semakin tumbuh besar. Perkembangan anak usia ini memang harus lebih banyak diberi pengetahuan dari sang bunda, oleh karena itu para ibu harus bisa memberikan beberapa pengetahuan penting agar nanti sang anak tumbuh menjadi anak yang gampang diatur.

Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun Paling Efektif di kutip dari hamil.co.id

1.  Ajari Mengenal Hal-hal di Sekitarnya

Rasa ingin tau anak usia 1 tahun memang luar biasa. Hal ini karena ia mulai bisa berjalan dan mulai mengenal benda-benda disekitarnya. Tak heran jika ini membuat orang tua khawatir sekaligus bahagia dengan tumbuh kembangnya. Mereka biasanya akan menyentuh barang-barang sekitar yang sedang ia lewati. Usia 1 tahun merupakan usia kebanyakan anak bisa berjalan walaupun belum begitu lancar. Ini merupakan waktu yang tepat untuk orang tua agar mengenalkannya dengan hal-hal sekitar. Dengan memberikan pengetahuan tentang apa yang ada di dekatnya seperti, tanaman, kolam, dan benda lain akan membuatnya lebih mengerti. Para Ibu harus dengan sabar dalam mengenalkan sesuatu yang baru terhadap si Kecil.

2. Lebih Banyak Mengajak Si Kecil Berbicara

Beberapa anak usia 12 bulan memang ada yang lebih lancar berbicara dulu kemudian baru bisa berjalan. Proses perkembangan setiap anak berbeda-beda, untuk itu para orang tua tak perlu khawatir. Untuk anak yang sedang gemar-gemarnya mengoceh, maka ini penting untuk para orang tua agar lebih sering mengajak ngobrol. Mengajak sang buah hati lebih banyak berbicara akan membuatnya lebih banyak mengenakan kosakata baru sehingga anak akan semakin lancar dalam berbicara. Pesan untuk para Bunda, jangan malas dalam menanggapi anak yang sering mengoceh ya Bun, karena ini pertanda anak yang memiliki keingintahuan lebih. Jadi alangkah lebih baik untuk mengajak ngobrol dengan memberikan beberapa kosakata baru agar si kecil semakin cerdas.

3. Melatih Anak Agar Tidak Buang Air Kecil Sembarangan

Mengajarkan anak bisa pipis di kamar mandi memang sedikit susah. Tapi ini tergantung dari bagaimana cara orang tua mengajarinya. Setiap orang tua harus memiliki rasa sabar yang lebih besar agar anak bisa melakukan hal-hal yang lebih baik dan berguna saat ia sudah besar nanti. Usia satu tahun seharusnya sudah tidak dibiasakan memakai popok. Pemakaian popok bayi yang terlalu lama juga tidak baik karena akan menyebabkan iritasi. Mengajari anak untuk buang air kecil di kamar mandi memang penting. Ajarkan pada buah hati dengan perlahan agar ia juga lebih paham sehingga akan dilakukannya kemudian hari. Jika tidak diajarkan sejak kecil, maka ini akan menjadi kebiasaan dan berakibat buruk bagi sang anak di kemudian hari.

4. Jangan Melakukan Hal Buruk d Depan Anak

Anak-anak memang lebih mudah dalam melakukan apa yang telah mereka lihat. Khususnya untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan atau saat mereka menginjak usia 12 bulan. Mereka akan belajar banyak hal dari apa yang dilihatnya, terutama kelakuan orang tuanya. Untuk itu usahakan agar tidak melakukan hal buruk seperti, membuang sampah tidak pada tempatnya, menendang kucing ataupun berbicara kasar pada orang lain karena hal ini sudah bisa ditangkap oleh anak dan perlahan membuatnya meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.

Mendidik anak usia 1 tahun harus dengan sabar dan memberi contoh yang baik. Perilaku anak nantinya juga akan berpengaruh pada orang yang merawatnya saat mengalami tumbuh kembang. Para orang tua harus siap dengan berbagai kejutan yang dihadirkan oleh buah hati pada usia setahun karena masa-masa ini anak lebih peka terhadap sesuatu yang berada di sekelilingnya. Tak hanya itu saja, nutrisi yang diberikan juga harus seimbang agar proses pertumbuhan semakin baik.

Mengajarkan disiplin pada anak sejak kecil akan membuatnya menjadi orang yang lebih menaati peraturan yang ada. Beberapa anak yang kurang perhatian dari orang tua pada masa pertumbuhan seringkali menjadi anak yang kurang disiplin. Dalam hal tumbuh kembang anak, peran orang tua memang sangat penting. Tentunya orang tua akan merasa bangga jika anaknya kelak menjadi anak yang disiplin dan bertanggung jawab. Setiap orang tua memang memiliki cara yang berbeda dalam mendidik anak agar menjadi anak yang lebih baik, oleh karena itu peran orang tua sangat penting, khususnya kesabaran seorang ibu demi mengajari setiap hal dari rasa ingin taunya.