Bayi & Anak, Kesehatan

3 Sumber Antibiotik Yang Aman Untuk Anak

antibiotik aman untuk anakMasalah anak sakit mungkin sudah menjadi permasalahan yang biasa dihadapi para ibu. Ibu yang mendapati anaknya menderita sakit flu, batuk, atau demam tentu akan merasa sedih dan segera memeriksakan anaknya ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Dokter akan memberikan obat untuk mengatasi sakit anak serta memberikan antibiotik agar kekebalan tubuh anak menjadi kuat. Obat tersebut sebenarnya merupakan obat kimia yang bisa menimbulkan beberapa efek samping bagi kehidupan anak kedepannya.

Agar anak Anda bisa melawan infeksi tanpa efek samping sebaiknya Anda memberikan antibiotik yang lebih aman untuk anak Anda. Ada beberapa antibiotik alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Berikut kami informasikan 3 sumber antibiotik yang aman untuk anak Anda. Sumber antibiotik tersebut antara lain:

Sumber antibiotik dari propolis

Sudah bukan rahasia lagi kalau propolis merupakan antibiotik alami yang aman untuk anak. Propolis adalah campuran resin dicampur dengan nektar yang berasal dari getah bunga, daun atau kulit pohon yang dikumpulkan oleh lebah madu. Propolis memiliki beberapa kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, lemak, asam amino yang tinggi, mineral serta flavonoid.

Propolis telah terbukti bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit dan infeksi yang menyerang anak serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Dengan sifatnya sebagai antibiotik, antibakteri, dan antimikroba tentu propolis mampu melawan bakteri yang berbahaya bagi tubuh anak.

Keunggulan propolis sebagai antibiotik alami yaitu bisa melawan infeksi tanpa merusak sel dan bakteri baik seperti pada penggunaan antibiotik kimia. Propolis tidak memiliki efek samping tetapi justru memberikan sebuah manfaat yang sangat menguntungkan untuk organisme di dalam tubuh. Sehingga efektif mengobati sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, demam, virus di dalam usus, bronkitis, infeksi telinga, sakit kepala, penyembuhan luka terbuka dan luka bakar. Hal ini juga merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan nutrisi tertentu.

Sumber antibiotik dari ekstrak daun zaitundaun zaitun

Pohon zaitun ternyata tidak hanya buahnya saja yang berkhasiat, tetapi juga daunnya. Mungkin Anda lebih tahu minyak zaitun yang diperoleh dari buah zaitun daripada daun zaitun untuk antibiotik alami. Daun zaitun juga tidak kalah manfaatnya dengan minyak zaitun.  Daun zaitun bisa membunuh bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada anak. Ekstrak daun zaitun dipercaya bisa membantu anak untuk menyembuhkan berbagai macam bakteri dan virus, karena mengandung senyawa oleuropein fitokimia.

Sumber antibiotik yang berasal dari madu dan kayu manis

Sumber antibiotik yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Mungkin Anda pun sudah sering menggunakan salah satu dari bahan ini. Madu memang sangat baik dikonsumsi semua usia baik dari anak-anak sampai usia lanjut, selain itu dapat memberikan manfaat yang lebih baik lagi jika dicampur dengan kayu manis. Madu dan kayu manis bisa menjadi antibiotik alami yang baik untuk anak-anak. Gabungan keduanya membantu tubuh anak melawan bakteri atau virus penyebab penyakit.

Madu telah menjadi salah satu pengobatan yang telah lama dipercaya bisa membunuh berbagai macam penyebab penyakit. Sebaiknya Anda memilih madu mentah yang tidak mengalami pasteurisasi karena proses tersebut bisa membunuh sebagian besar antibiotik dan bahan aktif dalam madu.

Kayumanis sebagai antimikroba dan antijamur ampuh membantu mengatasi gangguan kesehatan seperti penyakit diare, flu, infeksi jamur, gangguan pernafasan, gangguan pencernaan, serta infeksi saluran kencing.

sumber gambar:
1. http://obatanak.info/uploads/2013/07/Demam-Tinggi.jpg
2. http://images.smh.com.au/2010/07/05/1675315/olive_leaf_420-420x0.jpg