13 Macam Khasiat Temulawak Bagi tubuh

khasiat temulawakSejak jaman dahulu, temulawak sudah dikenal sebagai obat yang cukup berkhasiat bagi tubuh. Bagian dari tumbuhan temulawak yang dapat digunakan sebagai ramuan ampuh adalah pada bagian rimpangnya. Temulawak memiliki rasa yang pahit dan getir saat dikonsumsi. Tetapi dibalik rasanya yang kurang enak, tersembunyi berbagai macam manfaat bagi tubuh yang terkandung didalamnya.

Sebelum kita membahas mengenai 13 macam khasiat temulawak bagi tubuh, tidak ada salahnya kita urai terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat dalam temulawak. Temulawak mempunyai kandungan aktif kurkumin, germakron dan xanthorrhizol. Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, sari pati, serat kasar dan minyak atsiri. Kurkumin dapat bermanfaat sebagai anti inflasi atau anti radang dan anti hepototoksik atau anti keracunan empedu. Dari kandungan tersebut temulawak memiliki banyak macam khasiat bagi tubuh.

Khasiat Temulawak

  1. Sebagai antiseptik alami bagi tubuh terutama pada luka bakar
  2. Sebagai detox alami untuk hati
  3. Dapat berguna untuk meningkatkan ASI bagi ibu menyusui
  4. Mengurangi rasa sakit pada wanita saat sedang menstruasi
  5. Dapat meningkatkan vitalitas tubuh
  6. Memperbaiki sistem metabolisme pada pencernaan
  7. Membantu tubuh dalam mengontrol lemak dan kadar kolesterol dalam tubuh
  8. Menambah nafsu makan
  9. Mengobati maag, sakit kepala, masuk angin dan juga sembelit
  10. Mencegah perkembangan bakteri yang dapat merusak gigi.
  11. Berkhasiat mencegah terjadinya peradangan sendi dan asam urat
  12. Bermanfaat mengencerkan darah dan melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah terjadinya serangn stroke dan jantung.
  13. Minyak atsiri yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan produksi cairan empedu sehingga dapat menekan terjadinya pembengkakan pada jaringan tubuh.

Setelah mencermati 13 macam khasiat temulawak bagi tubuh, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi temulawak secara rutin dalam kehidupan Anda sehari-hari. Salah satu cara mudah mengkonsumsi temulawak secara rutin adalah dengan teh celup curcuma. Anda bisa menikmati teh celup curcuma sebagai teman baca koran atau teman nonton tv. Anda tidak perlu repot lagi mengolah rimpang temulawak untuk memperoleh khasiatnya, karena produk berbahan dasar temulawak seperti teh celup curcuma sudah banyak dipasaran.

PENTING UNTUK ANDA

Sumber gambar : http://img545.imageshack.us/img545/3867/66064014.jpg

Teh Herbal Curcuma, Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Teh Herbal Curcuma, Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Teh herbal curcuma adalah minuman kesehatan spesial yang didalamnya mengandung rimpang temulawak. Dipadukan dengan daun teh ....
Rp 25.000 Beli

Komentar